Brilio.net - Kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) adalah salah satu sarana kesehatan yang penting dan wajib dimiliki di rumah. Kotak P3K memiliki fungsi sangat penting sebagai langkah antisipasi dan penanganan dini apabila anggota keluarga mengalami cedera atau luka.

Ketika terjadi luka atau cedera, anggota tubuh tersebut harus mengalami penanganan dengan cepat agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut. Maka dari itu, keberadaan kotak P3K di rumah sangatlah dibutuhkan.

Setiap rumah tangga sebaiknya mempersiapkan kotak P3K. Tak perlu bingung terkait isi dari kotak P3K, barang-barang ini wajib banget dimiliki. Berikut daftar isi kotak P3K yang wajib kamu miliki di rumah seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/3).


1. Plester luka.

foto: freepik.com

Plester luka memiliki fungsi menutup anggota tubuh yang mengalami luka. Selain itu, plester luka juga dapat mencegah luka agar tidak terinfeksi dari paparan benda luar yang bisa saja membahayakan luka terbuka tersebut.

2. Perban gulung.

Loading...

foto: freepik.com

Perban gulung memiliki bentuk simpel dan memiliki siklus udara yang baik. Perban berpori ini dapat menjaga luka agar berangsur membaik.

3. Kapas.

foto: freepik.com

Kapas dalam kotak P3K berfungsi untuk membersihkan luka dan sebagai bantalan luka. Namun yang harus diperhatikan, setelah membersihkan luka dengan kapas pastikan tidak ada sisa kapas yang tertinggal pada luka.

4. Hand sanitizer.

foto: freepik.com

Hand sanitizer adalah cairan pembersih tangan yang tidak memerlukan air untuk membilasnya. Hand sanitizer berfungsi sebagai pembunuh virus dan bakteri yang menempel pada tangan.

5. Salep antibiotik.

foto: freepik.com

Salep antibiotik bisa digunakan untuk luka lecet, luka sayat, serta luka bakar ringan. Sedikit berbeda dengan salep antiseptik, salep antibiotik tidak hanya menghambat perkembangan bakteri tetapi juga menghentikannya.

2 dari 3 halaman


6. Pembersih luka antiseptik.

foto: freepik.com

Pembersih luka antiseptik berfungsi untuk membersihkan luka supaya tidak terjadi infeksi. Pembersih luka antiseptik dapat membantu menghambat pertumbuhan kuman dan menangani luka ringan seperti lecet atau tersayat.

7. Tisu basah non-alkohol.

foto: freepik.com

Tisu basah non-alkohol dapat digunakan untuk kulit sensitif. Sambil tetap mempertahankan fungsi sebagai desinfektan, tisu basah non-alkohol lebih nyaman digunakan dan tidak membuat kulit kering.

8. Petroleum jelly.

foto: freepik.com

Selain untuk mengatasi masalah pada kulit seperti kulit kering, petroleum jelly juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan luka kulit kecil dan luka bakar ringan.
 
9. Gunting.

foto: freepik.com

Gunting juga wajib ada dalam kotak P3K untuk menggunting perban, plester dan lain-lain agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

10. Pinset.

foto: freepik.com

 

3 dari 3 halaman

 

Selain gunting, alat kesehatan lain yang harus ada di kotak P3K adalah pinset. Pinset digunakan untuk mengambil alat steril ataupun kotoran pada luka.

11. Peniti.

foto: freepik.com

Peniti juga wajib ada di list isi kotak P3K dalam rumahmu. Fungsi peniti adalah untuk merapikan balutan.

12. Termometer digital.

foto: freepik.com

Di tengah fenomena virus Corona seperti ini, termometer jadi alat yang harus dimiliki di rumah. Termometer digital dibuat khusus dalam bentuk digital agar mampu memberikan tingkat akurasi yang tinggi dalam menyatakan besaran suhu.

13. Sarung tangan lateks.

foto: freepik.com

Sarung tangan lateks berfungsi sebagai pelindung tangan dari bakteri dan juga kuman.

14. Larutan garam.

foto: freepik.com

Larutan garam berfungsi untuk membersihkan benda asing atau kotoran pada luka.