Brilio.net - Ketika memasuki bulan puasa Ramadhan tiba setiap umat Islam wajib menjalankan puasa Ramadhan. Walau sebagai kewajiban terdapat beberapa kategori orang Islam yang tak dianjurkan menjalani puasa Ramadhan dan bisa menggantikan dilain hari. Seperti wanita haid, ibu hamil, musafir, orang sakit maupun orang yang tidak berakal. Nah bagi ibu hamil yang tak bisa berpuasa di bulan Ramadhan dapat diganti dengan membayar fidyah.

Bagi ibu hamil yang tidak mampu untuk berpuasa karena alasan kesehatan atau keselamatan diri dan bayinya, maka fidyah juga menjadi kewajiban bagi mereka. Fidyah adalah kewajiban membayar sejumlah uang atau memberikan makanan kepada orang miskin sebagai ganti atas ketidakmampuan seseorang untuk berpuasa pada bulan Ramadan. Fidyah menjadi kewajiban bagi orang yang memiliki kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk berpuasa, seperti orang yang sakit kronis atau lanjut usia yang tidak mampu menahan lapar dan haus.

Tata cara membayar fidyah untuk ibu Hamil © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Kewajiban membayar fidyah ini ditetapkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran (Surah Al-Baqarah ayat 184-185), dan nilai fidiyah yang harus dikeluarkan ditetapkan setara dengan satu sa’ atau sekitar 3,5 liter beras atau makanan pokok lainnya, dan bisa dihitung dengan nilai uang setara dengan beras atau makanan pokok yang ditetapkan oleh masyarakat setempat.

Dalam pelaksanaannya, fidyah biasanya dibayarkan kepada lembaga amil zakat yang bertugas untuk menyalurkan kepada orang-orang yang berhak menerima. begitu pula dengan fidyah yang dibayarkan oleh ibu hamil ini akan disalurkan kepada orang yang berhak menerima, seperti fakir miskin atau keluarga yang membutuhkan. Fidyah dapat membantu orang-orang yang membutuhkan dalam memenuhi kebutuhan makanan mereka selama bulan Ramadan, serta membantu memperkuat ukhuwah Islamiyah dan kepedulian sosial di antara umat muslim.

Lantas seperti apa tata cara membayar fidyah bagi ibu hamil? Berikut tata cara membayar fidyah untuk ibu hamil beserta dengan niat dan hukumnya, yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (17/4).