Brilio.net - Salah satu tantangan dalam belajar bahasa Inggris adalah menguasai berbagai macam tenses - bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu terjadinya suatu aksi atau kejadian. Ada 16 tenses dalam bahasa Inggris, salah satunya adalah past perfect tense. Apa itu past perfect tense? Bagaimana rumus dan contoh kalimatnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Secara sederhana past perfect tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang sudah terjadi di masa lampau. Kalimat ini sering digunakan untuk menjelaskan kejadian-kejadian yang telah terjadi beberapa waktu lalu. Misalnya satu jam lalu, kemarin, dan sebagainya.

Supaya memahami rumus past perfect tense lebih jauh lagi, berikut ini brilio.net memberikan ulasan lengkap tentang rumus past perfect tense mulai konsep dasar, fungsi, dan contoh kalimatnya. Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (23/11)

Pengertian dan rumus past perfect tense.

rumus past perfect tense © 2023 brilio.net

rumus past perfect tense
freepik.com

Past perfect tense adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu aksi telah selesai pada suatu titik di masa lalu sebelum aksi lainnya terjadi. Tense ini juga dapat digunakan untuk membentuk conditional sentence tipe 3 dan reported speech. Pada dasarnya past perfect tense menggambarkan suatu kejadian yang terjadi sebelum satu spesifik waktu di masa lampau dan telah selesai sebelum kejadian lain yang terjadi di masa lampau juga.

Rumus past perfect tense adalah sebagai berikut:

1. Kalimat positif: S + had + past participle (V-3)

2. Kalimat negatif: S + had + not + past participle (V-3)

3. Kalimat interogatif: had + S + past participle (V-3)

Berdasarkan penjelasan dan rumus past perfect tense tersebut, berikut contoh kalimat past perfect tense:

1. She had finished her homework before she watched TV. (Dia telah menyelesaikan PR-nya sebelum dia menonton TV).

2. He had not eaten anything since morning. (Dia tidak makan apa-apa sejak pagi).

3. Had you studied for the test? (Apakah kamu telah belajar untuk ujian itu?).

Past perfect tense sering digunakan untuk menunjukkan hubungan antara tindakan di masa lalu dan masa kini, rumusnya adalah have/has + past participle (V3). Sementara itu, past perfect tense lebih umum digunakan dalam situasi di mana ada dua tindakan di masa lalu yang perlu dipastikan urutan kronologisnya. Contohnya:

1. I had studied English for five years before I moved to London. (Saya telah belajar bahasa Inggris selama lima tahun sebelum saya pindah ke London).

2. They had already left when I arrived. (Mereka sudah pergi ketika saya tiba).