Brilio.net - Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional yang banyak penuturnya. Bahkan bahasa Inggris menjadi bahasa resmi di 53 negara di dunia, nggak heran jika banyak yang ingin mempelajari bahasa Inggris.

Bahasa Inggris memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan peluang pendidikan dan karier di dalam dan luar negeri, memudahkan komunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara dan budaya maupun meningkatkan kepercayaan diri dan kreativitas.

Untuk belajar bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan berbagai metode dan media, seperti kursus, buku, aplikasi, film, musik, atau podcast. Nggak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan relasi seperti guru, teman, atau native speaker untuk meningkatkan kemampuan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis bahasa Inggris. Meski terkesan ribet, namun belajar bahasa Inggris membutuhkan kesabaran, konsistensi, dan motivasi, tetapi hasilnya akan sangat memuaskan.

Salah satu materi yang wajib dipahami ketika belajar bahasa Inggris adalah kalimat pasif. Contoh kalimat pasif bahasa Inggris ini bisa jadi referensi kamu untuk lebih memahami apa itu kalimat pasif bahasa Inggris. Pasalnya contoh kalimat pasif bahasa Inggris ini juga memuat pengertian, ciri, rumus dan cara pengerjaannya.

Berikut ini 35 contoh kalimat pasif bahasa Inggris, beserta pengertian, rumus, ciri-ciri, dan cara pengerjaannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (22/11)

Definisi dan rumus kalimat pasif bahasa Inggris

contoh kalimat pasif bahasa inggris © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Kalimat pasif bahasa Inggris adalah jenis kalimat yang subjeknya dikenai suatu pekerjaan atau tindakan dari kata kerjanya, artinya bukan subjek tersebut yang melakukan suatu aksi. Dalam bahasa Indonesia, kata kerja untuk kalimat pasif biasanya diawali dengan imbuhan ter- atau di-, contohnya seperti dibuang, terpukul, dan lain sebagainya. Contoh kalimat pasif bahasa Inggris adalah:

- A letter is written by him. (Sebuah surat ditulis oleh dia.)

- The window was broken by the storm. (Jendela itu pecah oleh badai.)

- The cake will be eaten by her. (Kue itu akan dimakan oleh dia.)

Rumus umum untuk membuat kalimat pasif bahasa Inggris adalah Subject + To Be + Verb 3, dengan bentuk To Be yang disesuaikan dengan tense kalimatnya. Contoh:

- He writes a letter. (Dia menulis sebuah surat.) -> A letter is written by him. (Sebuah surat ditulis oleh dia.)

- She broke the window. (Dia memecahkan jendela.) -> The window was broken by her. (Jendela itu pecah oleh dia.)

- They will eat the cake. (Mereka akan makan kue itu.) -> The cake will be eaten by them. (Kue itu akan dimakan oleh mereka.)

Kalimat pasif bahasa Inggris digunakan untuk menunjukkan ketertarikan pada objek atau seseorang yang dikenai tindakan, atau ketika penutur tidak mengetahui atau tidak ingin menyebutkan siapa yang melakukan tindakan. Kalimat pasif bahasa Inggris juga memiliki banyak bentuk dan harus disesuaikan dengan rumus dari kalimat aktif sebelumnya.

Ciri-ciri kalimat pasif bahasa Inggris

contoh kalimat pasif bahasa inggris © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Kalimat pasif bahasa Inggris memiliki beberapa ciri-ciri, antara lain:

1. Subjek kalimat adalah penerima tindakan, bukan pelaku tindakan.

2. Kata kerja dalam kalimat pasif selalu menggunakan bentuk past participle (verb 3) dan to be.

3. To be yang digunakan harus sesuai dengan tense dan nomor dari kalimat.

4. Kalimat pasif biasanya menggunakan frasa by untuk menunjukkan pelaku tindakan, kecuali jika pelaku tindakan tidak diketahui atau tidak penting.

5. Kalimat pasif digunakan untuk menekankan objek atau hasil dari tindakan, atau untuk memberikan variasi gaya bahasa.

Contoh kalimat pasif bahasa Inggris:

1. The book was written by J.K. Rowling. (Buku itu ditulis oleh J.K. Rowling.)

2. The window is being cleaned by the maid. (Jendela sedang dibersihkan oleh pembantu.)

3. The cake will be baked by her. (Kue akan dipanggang oleh dia.)

4. The car had been stolen by the thief. (Mobil telah dicuri oleh pencuri.)

5. The letter is going to be sent by him. (Surat akan dikirim oleh dia.)