Brilio.net - Bahasa Inggris merupakan bahasa dengan penutur yang paling banyak digunakan di dunia. Pasalnya bahasa Inggris adalah bahasa Internasional digunakan hampir seluruh penduduk dunia. Meski bukan satu-satunya bahasa universal, bahasa Inggris juga penting untuk dipelajari.

Selayaknya bahasa lainnya, dalam bahasa Inggris juga memiliki berbagai bentuk kata kerja. Salah satunya kata kerja pasif bahasa Inggris.

Sebelum memahami contoh kata kerja pasif bahasa Inggris, kamu perlu memahami pengertian kata kerja pasif. Kata kerja pasif (passive verbs) atau passive voice adalah bentuk kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek dalam suatu kalimat tidak melakukan aksi, melainkan menerima aksi dari kata kerja.

Dalam kalimat pasif, subjek menerima tindakan atau aksi dari kata kerja, bukan yang melakukan tindakan. Misalnya dalam kalimat aktif " She eats an apple. (Dia makan apel.)", apabila diubah dalam kalimat pasif menjadi "An apple is eaten by her. (Apel dimakan olehnya.)".

Dalam kalimat pasif, objek dari kalimat aktif menjadi subjek kalimat pasif, sedangkan subjek dari kalimat aktif menjadi objek kalimat pasif dan biasanya diikuti oleh kata kerja "to be" dan kata kerja bentuk ketiga (V3).

Menurut David Crystal, seorang ahli bahasa asal Inggris, kata kerja pasif sering digunakan dalam bahasa Inggris karena dapat memberikan fleksibilitas dalam penggunaan bahasa. Dengan menggunakan kata kerja pasif, penulis atau pembicara dapat mengubah fokus kalimat dan menekankan pada hasil atau kejadian daripada pada siapa yang melakukan aksi.

Kata kerja pasif sering digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu terjadi tanpa menentukan siapa atau apa yang melakukan aksi. Selain itu, kata kerja pasif juga sering digunakan dalam tulisan ilmiah dan berita untuk menekankan pada hasil atau kejadian, bukan pada siapa yang melakukan aksi.

Kata kerja pasif juga sering digunakan dalam tulisan ilmiah dan berita untuk menunjukkan bahwa suatu kejadian atau hasil didapat secara objektif, tanpa penekanan pada siapa yang melakukan tindakan.

Selain pengertian tersebut terdapat penjelasan jenis-jenis, ciri, dan contoh dari kata kerja pasif yang perlu kamu pelajari, berikut disajikan brilio.net yang dihimpum dari berbagai sumber, Selasa (11/4).