Brilio.net - Buat kamu yang mengambil jurusan IPA sewaktu SMA, mata pelajaran kimia menjadi materi pokok selama sekolah, nih. Nah, biasanya kamu juga aka diajak untuk mempelajari zat-zat baik di kelas maupun saat praktik di laboratorium.

Buat mempelajari jumlah zat yang terlarut, kamu nggak akan jauh-jauh dari normalitas. Singkatnya, normalitas merupakan satuan dalam kimia untuk menentukan konsentrasi larutan.

Satuan ini biasanya disingkat dengan huruf “N”. Selain itu, ada pun rumus-rumus normalitas dari materi ini. Rumus normalitas digunakan untuk menentukan normalitas suatu larutan, dan lainnya.

Supaya lebih jelas, yuk simak rumus normalitas dalam kimia, lengkap dengan contoh soal dan pembahasannya. Seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (28/9).

Rumus normalitas dalam kimia © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Pengertian normalitas

Dalam dunia kimia, normalitas adalah salah satu konsep yang sangat penting dan digunakan secara luas dalam analisis kuantitatif dan reaksi kimia. Normalitas mengacu pada konsentrasi suatu larutan kimia dan sering digunakan sebagai cara untuk mengukur jumlah zat terlarut dalam suatu volume larutan.

Normalitas adalah ukuran konsentrasi suatu zat kimia dalam suatu larutan. Ini adalah cara untuk mengukur jumlah ekivalen per liter larutan. Ekivalen adalah unit yang digunakan untuk menggambarkan berapa banyak zat yang berpartisipasi dalam suatu reaksi kimia. Normalitas didefinisikan sebagai jumlah ekivalen zat terlarut per liter larutan.