Brilio.net - Di bangku sekolah, khususnya Sekolah Menengah Atas jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA), tak asing jika mendapatkan salah satu mata pelajaran yang berbicara mengenai tentang zat atau struktur atom. Ya, apalagi jika bukan pelajaran kimia.

Pelajaran kimia merupakan salah satu ilmu yang masuk dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Meski terkadang dianggap bersifat teoretis, ilmu kimia berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan yang lain khususnya ilmu pengetahuan alam.

Kimia merupakan salah satu cabang ilmu dalam rumpun sains yang mempelajari tentang materi, sifatnya, strukturnya, perubahan/reaksinya serta energi yang menyertai perubahan tersebut.

Ilmu kimia mengkaji sifat zat dan secara khusus mempelajari transformasi satu zat menjadi zat lain.

Sebagaimana cabang ilmu lainnya, ilmu kimia memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Mempunyai pemahaman yang lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai reaksi atau proses yang berlangsung di dalamnya.

2. Mampu memanfaatkan alam dengan baik, yakni mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan.

3. Memiliki sikap positif dalam menghadapi masalah-masalah lingkungan akibat penggunaan bahan kimia.

4. Memahami dampak yang ditimbulkan dari penggunaan produk kimia pada lingkungan.

5. Meningkatkan kesadaran untuk semakin mengagumi keagungan Tuhan Yang Maha Esa melalui ciptaan-Nya. Berdasarkan manfaat-manfaat tersebut, ilmu kimia berperan penting dalam kehidupan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan terkait contoh soal kimia kelas 10 yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (13/10).