Brilio.net - Buat kamu yang sekarang mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Alam alias IPA di SMA, maka kamu akan bertemu dengan pelajaran kimia, fisika, biologi yang menjadi materi sehari-hari. Ketiga mata pelajaran itu menjadi inti dari penjurusan yang kamu ambil di sekolah. Semakin kamu naik kelas, maka materi tentang tiga mata pelajaran itu pun akan semakin kompleks.

Pelajaran kimia menjadi materi yang harus kamu pelajari dan pahami. Biasanya, kamu juga akan diajak untuk mengeksplorasi larutan yang ada di laboratorium.

Salah satu materi dalam pelajaran ini adalah tentang molaritas. Singkatnya, molaritas adalah satuan konsentrasi larutan yang menyatakan jumlah mol zat terlarut dalam satu liter larutan. Satuan ini juga kerap digunakan dalam industri kimia maupun farmasi untuk membuat sebuah larutan.

Nah, untuk menghitung satuan tersebut terdapat rumus-rumus molaritas yang ada di pelajaran kimia. Lalu seperti apa saja rumus-rumusnya?

Berikut rumus molaritas lengkap dengan contoh soal dan pembahasan yang mudah dipahami, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (26/9).