Brilio.net - Bentuk-bentuk geometri tidak hanya ada di buku matematika, tetapi juga di sekitar kita. Salah satu bentuk geometri yang paling umum dan menarik adalah bola. Bola bisa ditemukan di alam, seperti bumi, bulan, matahari, dan planet-planet lainnya. 

Bola memiliki karakteristik khusus yang membuatnya berbeda dari bentuk lainnya, seperti simetri sempurna, volume maksimum, dan luas permukaan minimum. Dalam matematika, tidak hanya dihitung rumus bola utuh tetapi dapat dihitung belahan bola atau setengah bola. 

Supaya kamu lebih memahami tentang luas belahan bola ini, yuk simak penjelasan lengkap rumus luas belahan bola, beserta pengertian, ciri, dan cara pengerjaannya. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (12/10).

Pengertian dan rumus luas belahan bola.

Rumus luas belahan bola © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Belahan bola adalah bagian dari bola yang dibatasi oleh satu bidang datar yang memotong bola. Belahan bola memiliki jari-jari, pusat, dan luas permukaan yang sama dengan bola asalnya, tetapi volume yang setengah dari volume bola asalnya. Belahan bola juga disebut sebagai hemisfer atau setengah bola.