Brilio.net - Bagi kebanyakan orang pelajaran matematika adalah pelajaran yang cukup menakutkan. Tak sedikit siswa-siswi yang merasa sulit menyelesaikan soal-soal matematika yang diberikan. Padahal, jika ditelusuri lebih jauh pelajaran matematika tidak sesulit yang dibayangkan.

Hanya dengan memahami konsep dasar, rumus, dan langkah-langkah penyelesaian, kamu bisa menyelesaikan setiap soal matematika yang diberikan dengan cepat. Nah, salah satu materi matematika yang sering diujikan adalah tentang prisma segitiga. 

Prisma segitiga merupakan bangun ruang yang mempunyai lima sisi, sembilan rusuk, dan enam titik sudut. Umumnya prisma segitiga memiliki rumus untuk menghitung luas permukaan dan volume bagun ruang tersebut. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara menyelesaikan soal matematika seputar rumus volume prisma segitiga.

Berikut penjelasan lengkap tentang rumus volume prisma segitiga, beserta ciri, contoh soal, dan cara pengerjaannya, dikutip brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (29/9).

Pengertian rumus prisma segitiga.

Rumus volume prisma segitiga © 2023 brilio.net

foto: freepik.com 

Prisma segitiga adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang terdiri dari alas, penutup dan selimut. Alas dan penutup prisma segitiga berbentuk segitiga, sedangkan selimutnya berbentuk persegi panjang. Prisma segitiga memiliki lima sisi, enam titik sudut, dan sembilan rusuk. Prisma segitiga juga memiliki rumus untuk menghitung luas permukaan dan volume.