Perbedaan antara rumus empiris dan rumus molekul.

rumus empiris dan contoh soal © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Rumus empiris dan rumus molekul adalah dua jenis rumus kimia yang berbeda. Rumus empiris adalah rumus yang menyatakan perbandingan jumlah atom-atom penyusun molekul yang paling sederhana. Rumus empiris tidak memberikan informasi tentang struktur, isomer, atau jumlah absolut atom dalam senyawa, hanya rasio relatifnya saja. Contohnya, rumus molekul glukosa adalah C6H12O6, sedangkan rumus empirisnya adalah CH2O.

Rumus molekul adalah rumus yang menyatakan jumlah atom-atom sebenarnya yang membentuk suatu molekul. Rumus molekul memberikan informasi tentang struktur, isomer, dan jumlah absolut atom dalam senyawa. Rumus molekul adalah kelipatan bilangan bulat dari rumus empiris. Contohnya, rumus molekul etena adalah C2H4, sedangkan rumus empirisnya adalah CH2. Rumus molekul etena adalah dua kali rumus empirisnya.

Untuk menentukan rumus empiris suatu senyawa, kamu perlu mengetahui massa atau persentase massa setiap unsur dalam senyawa tersebut. Kemudian, membagikan massa atau persentase massa tersebut dengan massa atom relatif masing-masing unsur. Dengan begitu, kamu mendapatkan perbandingan mol setiap unsur. Selanjutnya, menyederhanakan perbandingan mol tersebut menjadi bilangan bulat terkecil yang mungkin.

Sementara untuk menentukan rumus molekul suatu senyawa, kamu perlu mengetahui massa molekul relatif senyawa tersebut. Kemudian, membagi massa molekul relatif senyawa tersebut dengan massa molekul relatif rumus empirisnya. Dengan begitu, mendapatkan nilai n yang merupakan kelipatan bilangan bulat dari rumus empiris. Rumus molekul senyawa adalah n kali rumus empirisnya.

Tahap menentukan rumus empiris dalam suatu senyawa kimia.

rumus empiris dan contoh soal © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Tahap menentukan rumus empiris adalah tahap yang digunakan untuk menentukan rumus kimia paling sederhana dari suatu senyawa yang menunjukkan perbandingan jumlah atom-atom penyusun molekul. Adapun tahap menentukan rumus empiris adalah sebagai berikut:

1. Menentukan massa atau persentase massa setiap unsur dalam senyawa. Jika diketahui persentase massa, maka anggap saja senyawa tersebut memiliki massa 100 gram, sehingga persentase massa sama dengan massa gram.

2. Membagi massa atau persentase massa setiap unsur dengan massa atom relatif (Ar) masing-masing unsur. Dengan begitu, diperoleh perbandingan mol setiap unsur.

3. Menyederhanakan perbandingan mol tersebut menjadi bilangan bulat terkecil yang mungkin. Jika perbandingan mol tidak berupa bilangan bulat, maka kalikan dengan bilangan bulat tertentu agar menjadi bilangan bulat.

4. Menulis rumus empiris dengan menggunakan simbol unsur dan bilangan subskrip yang menyatakan perbandingan mol tersebut.