Brilio.net - Tahu nggak sih jika proses fotosintesis adalah proses yang penting dalam kehidupan makhluk hidup di bumi. Sebab proses tersebut menghasilkan zat makanan bagi tumbuhan dan organisme lain yang bergantung pada tumbuhan.

Selain itu, fotosintesis juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh hewan dan manusia untuk bernapas. Tidak hanya itu, fotosintesis ini juga dapat mengurangi kadar karbondioksida di udara yang dapat menyebabkan pemanasan global.

Lantaran pentingnya fotosintesis tersebut, sehingga wajib mengetahui rumus fotosintesis. Rumus fotosintesis merupakan gambaran penting tentang proses dan reaksi kimia fotosintesis. Nah, berikut ini penjelasan lengkap tentang rumus fotosintesis mulai dari pengertian, manfaat, dan latihan soalnya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (30/10).

Apa itu fotosintesis?

Rumus fotosintesis © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk memahami apa itu fotosintesis, kamu bisa merujuk pada beberapa pandangan, di antaranya:

1. Menurut Kimball (2002), fotosintesis adalah proses penyusunan dari zat organik H2O dan CO2 menjadi senyawa organik yang kompleks yang memerlukan cahaya.

2. Menurut Campbell (2002), fotosintesis adalah proses yang digunakan oleh tanaman dan organisme lain untuk mengubah energi cahaya menjadi energi kimia yang tersimpan dalam molekul karbohidrat, seperti gula, yang disintesis dari karbondioksida dan air.

3. Menurut Wirahadikusumah (1985), fotosintesis adalah proses biokimia pembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara, karbondioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan energi cahaya matahari.

Dari pandangan tersebut, dapat dipahami bahwa proses fotosintesis adalah proses yang dilakukan oleh tumbuhan, ganggang, dan bakteri tertentu untuk mengubah energi cahaya menjadi energi kimia yang dapat digunakan untuk pertumbuhan dan aktivitas organisme. Fotosintesis juga menghasilkan oksigen yang penting bagi kehidupan di bumi.