Brilio.net - Resume adalah ikhtisar. Arti lain dari resume adalah ringkasan. Inti dari resume adalah surat yang berisi informasi seseorang secara lengkap. Resume bahasa Inggris sangat penting karena dibutuhkan pada sebuah surat lamaran pekerjaan, karena selain lebih terlihat profesional, penggunaan bahasa Inggris dapat menambah nilai plus di mata perusahaan yang akan dilamar. 

Resume bahasa Inggris yang baik bukan hanya dilihat dari sisi cover maupun desain, tetapi style penyusunan serta kerapian berbagai sisi menjadi hal yang penting diperhatikan. Tujuan resume adalah untuk memudahkan perusahaan mencari orang yang cocok dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan. 

Sementara itu, dalam membuat resume bahasa Inggris, terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan, berikut langkah-langkahnya: 

1. Gunakan bahasa yang singkat, lugas, dan padat. 

2. Hindari menggunakan tema pada resume yang terlalu ramai sehingga terkensan kekanak-kanakkan dan tidak profesional. 

3. Tonjolkan kelebihan diri yang ada sebaik-baiknya sebagai nilai jual diri kamu, namun hindari menunjukkan kemampuan yang terlalu muluk-muluk. Intinya porsi harus pas, tidak berlebihan maupun tidak kekurangan. 

4. Hindari kesalahan ketik atau ejaan bahasa karena resume akan menjadi tidak rapi dan kurang menarik ketika dibaca. 

5. Tuliskan data diri di bagian paling atas untuk memudahkan calon HRD mengenal diri kamu. 

6. Sebutkan tujuan yang ingin didapat sebagai alasan melamar pekerjaan, namun jangan terlalu ambis dan matrealis. 

7. Jangan lupa untuk cantumkan riwayat pendidikan.

8. Tambahkan pengalaman magang atau keterlibatan dalam organisasi jika melamar kerja untuk pertama kalinya. 

Nah, berikut ini brilio.net akan melampirkan contoh resume bahasa Inggris dan artinya yang cocok untuk dijadikan sebagai referensi ketika melamar pekerjaan, dikutip dari berbagai sumber pada Senin (18/10).