Brilio.net - Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa diabaikan. Makanan tidak hanya berfungsi untuk memberi energi dan nutrisi bagi tubuh, tetapi juga untuk memberi kenikmatan serta kepuasan bagi lidah.

Namun, tahukah kamu bagaimana cara membuat makanan yang lezat dan sehat? Nggak semua orang bisa menyajikan masakan yang enak. Nggak heran bila banyak restoran yang bertebaran di mana-mana sehingga orang yang tidak bisa memasak tetap bisa menikmati makanan yang lezat.

Namun, bagi kamu yang ingin belajar memasak tentu mencari langkah-langkah membuat masakan yang lezat. Tentu saja kamu harus mempelajari berbagai resepnya. Misalnya dalam procedure text dalam bahasa Inggris singkat tentang makanan ini. Pada artikel ini tidak hanya menjelaskan tentang pengertian procedure text, ciri, hingga struktur tetapi lebih dari itu, yakni menjelaskan tentang procedure text dalam membuat makan dan minuman sederhana. Lantas apa itu procedure text dalam bahasa Inggris?

Secara sederhana, procedure text merupakan sebuah teks yang menjelaskan langkah-langkah maupun cara untuk melakukan atau bahkan membuat sesuatu. Procedure text biasanya memiliki tiga bagian utama, yaitu goal (tujuan), materials (bahan-bahan) atau equipments (alat-alat), dan steps (langkah-langkah). Procedure text sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari cara mengoperasikan alat dapur, kulkas, mesin cuci, komputer dan sebagainya. Termasuk dalam membuat resep masakan tertentu.

Supaya lebih memahami materi procedure text dalam bahasa Inggris tentang makanan, yuk sama-sama intip ulasan lengkap contoh procedure text dalam bahasa Inggris singkat tentang makanan, lengkap dengan pengertiannya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (19/2).

Apa itu procedure text?

Contoh procedure text dalam bahasa Inggris singkat tentang makanan © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Teks prosedur (procedure text) adalah jenis teks yang menjelaskan langkah-langkah maupun tahapan dalam menyelesaikan suatu tugas/mencapai suatu tujuan. Nah, teks ini biasanya berisi instruksi yang jelas dan berurutan, sehingga pembaca dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan mudah.

Adapun fungsi teks prosedur, sebagai berikut:

1. Memberikan instruksi, yaitu teks prosedur memberikan instruksi yang jelas dan berurutan tentang cara melakukan sesuatu.

2. Membantu menyelesaikan tugas, pada dasarnya teks prosedur membantu pembaca menyelesaikan tugas dengan mudah dan efisien.

3. Menyampaikan informasi, tak kalah pentingnya teks prosedur menyampaikan informasi tentang cara melakukan sesuatu dengan cara yang terstruktur serta mudah dipahami.