Brilio.net - Alam merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk di bumi. Pasalnya alam menyediakan udara, air, tanah, tumbuhan, hewan, dan sumber daya lainnya yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup. Bisa dibilang, kelangsungan hidup manusia sangat bergantung dengan kondisi alam. Namun, alam juga rentan terhadap kerusakan akibat ulah manusia sendiri, seperti penebangan hutan, pencemaran lingkungan, perubahan iklim, dan lain-lain.

Dampak terhadap kerusakan alam inilah yang menyebabkan banyak bencana di mana-mana, yang ujung-ujungnya merusak kehidupan manusia. Akan tetapi hanya segelintir orang yang menyadari perbuatannya dapat merusak alam. Untuk itu, perlu ada upaya untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kelestarian alam. Salah satu cara meningkat kesadaran terhadap kelestarian alam ialah dengan menuliskan teks-teks yang berkaitan dengan manfaat maupun dampak apabila terus-terus merusak alam.

Seperti dalam teks eksposisi ini. Teks eksposisi merupakan teks yang bertujuan untuk menjelaskan, menginformasikan, atau memaparkan suatu topik secara objektif, logis, dan sistematis. Teks eksposisi biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Dalam pendahuluan, kamu harus memberikan latar belakang, tujuan, dan tesis atau pokok bahasan.

Selanjutnya, dalam isi, kamu harus memberikan argumen, fakta, data, maupun contoh yang mendukung tesis. Sementara dalam penutup, kamu harus memberikan simpulan maupun rekomendasi yang berkaitan dengan tesis. Nah, supaya lebih memahami tentang teks eksposisi ini, brilio.net membagikan ulasan penting tentang teks eksposisi mulai dari pengertian, jenis, ciri, cara menulis, struktur, hingga contohnya.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, simak contoh teks eksposisi singkat tentang alam, lengkap dengan cara membuatnya dilansir dari berbagai sumber pada Senin (19/2)

Pengertian teks eksposisi.

Contoh teks eksposisi singkat tentang alam © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Teks eksposisi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk menyampaikan informasi maupun pengetahuan secara objektif tentang suatu topik atau fenomena tertentu. Tujuan utama dari teks eksposisi adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada pembaca mengenai suatu konsep, ide, bahkan peristiwa dengan cara yang jelas, sistematis, dan objektif.

Nah, untuk memahami teks eksposisi ada beberapa poin penting yang perlu ditelisik, yaitu:

1. Tujuan untuk komunikasi.

Tujuan dari teks eksposisi ialah untuk memberikan pengetahuan atau pemahaman kepada pembaca tentang suatu topik tertentu. Teks ini biasanya tidak memiliki tujuan untuk meyakinkan maupun mengubah pendapat pembaca, tetapi lebih kepada memberikan penjelasan yang objektif.

2. Berisi penjelasan.

Seperti pengertiannya, teks eksposisi biasanya menjelaskan suatu topik dengan rinci dan sistematis. Penjelasan yang disajikan berdasarkan fakta, data, atau bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.

3. Struktur teks.

Teks eksposisi umumnya memiliki struktur yang teratur dan sistematis, seperti pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Pendahuluan biasanya memperkenalkan topik yang akan dibahas, isi menyajikan informasi secara detail, dan kesimpulan memberikan ringkasan atau penegasan terhadap informasi yang telah disampaikan.

4. Bersifat objektif.

Teks eksposisi ditulis secara objektif, artinya penulis tidak memasukkan pendapat pribadi atau emosional dalam penyampaian informasi. Oleh karena itu, informasi yang disampaikan didasarkan pada fakta serta bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.

5. Cenderung menggunakan bahasa yang formal.

Bahasa yang digunakan dalam teks eksposisi cenderung jelas, formal, dan tidak mengandung ambigu. Penulis menggunakan kalimat-kalimat yang terstruktur dengan baik serta menghindari penggunaan bahasa yang terlalu kaku.

Contoh teks eksposisi dapat ditemui dalam berbagai bentuk seperti artikel ilmiah, buku pelajaran, ensiklopedia, atau bahkan dalam bentuk tulisan di media massa seperti surat kabar maupun majalah. Dengan memberikan penjelasan yang sistematis dan objektif, teks eksposisi membantu pembaca untuk memahami suatu topik dengan lebih baik.