Contoh kegiatan menjaga kelestarian lingkungan di rumah © 2023 brilio.net

Contoh kegiatan menjaga kelestarian lingkungan di rumah
© 2023 brilio.net/pexels.com

1. Mendaur ulang sampah.

Mendaur ulang sampah merupakan salah satu bentuk menjaga kelestarian lingkungan kamu bisa memisahkan sampah organik dan anorganik di rumah. Informasikan kepada anak atau anggota keluarga pengetahuan tentang jenis sampah yang dapat didaur ulang seperti kertas, plastik, logam, dan kaca. Ajarkan juga cara mengumpulkan dan memilah sampah dengan benar.

2. Menghemat air.

Salah satu cara untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan konservasi air atau menghemat air. Kamu bisa ajak setiap anggota keluarga untuk lebih menghemat penggunaan air di rumah. Misalnya kamu bisa ajarkan anggota keluarga mematikan keran saat tidak digunakan, menggunakan shower yang hemat air, dan menghindari pemborosan air saat mencuci tangan atau menyikat gigi.

3. Menanam tanaman.

Nah kegiatan menanam merupakan langkah yang tepat untuk menciptakan lingkungan yang asri di halaman atau dalam pot. Menanam dan merawat tanaman juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental seperti meredakan stres dan lebih tenang. Selain itu, kegiatan menanam tanaman juga menyadarkan kamu tentang pentingnya tanaman dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

4. Mengurangi penggunaan energi.

Setiap menggunakan peralatan yang membutuhkan energi kamu perlu memastikannya kembali. Seperti mematikan lampu pada siang hari, tidak membiarkan televisi menyala sepanjang malam, dan rutin mematikan komputer saat tidak digunakan.

Libatkan anggota keluarga dalam kegiatan yang mengurangi konsumsi energi seperti menggunakan lampu hemat energi atau menggantikan baterai yang habis dengan baterai yang dapat diisi ulang.

5. Membersihkan lingkungan sekitar.

Kegiatan membersihkan lingkungan sekitar rumah juga dapat membantu keluargamu lebih nyaman sebab tidak ada sampah yang menumpuk atau bau yang tidak sedap. Selain itu, dengan membersihkan lingkungan juga berdampak baik pada kesehatan keluarga dengan tidak adanya nyamuk malaria yang berbahaya bagi kesehatan kamu.

Kamu bisa mengajarkan pada anggota keluarga untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah. Beri peralatan seperti sarung tangan dan tas sampah, dan ajarkan anak cara membersihkan sampah dengan aman dan benar. Ini akan membantu meningkatkan kesadaran anak terhadap kebersihan dan pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih.

6. Kegiatan daur ulang kreatif.

Mendaur ulang sampah merupakan cara kreatif untuk merawat alam. Kamu bisa mengajarkan anggota keluarga untuk berkreasi dengan barang-barang bekas yang dapat didaur ulang. Ajarkan cara membuat kerajinan tangan sederhana menggunakan bahan seperti botol plastik, kardus, atau kertas bekas. Hal ini akan mengajarkan anak tentang kreativitas dan pentingnya mendaur ulang barang-barang yang seharusnya menjadi sampah.

Contoh kegiatan menjaga kelestarian lingkungan di rumah © 2023 brilio.net

Contoh kegiatan menjaga kelestarian lingkungan di rumah
© 2023 brilio.net/pexels.com

7. Menggunakan tas belanja reusable.

Membawa tas belanja sendiri adalah cara mengurangi sampah plastik. Tahap ini kamu bisa beri pemahaman kepada setiap anggota keluarga bahwa membawa tas belanja saat berbelanja dapat menjaga alam karena kamu tak perlu memproduksi sampah lebih banyak.

Selain itu, kamu juga bisa jelaskan mengapa penggunaan tas plastik sekali pakai dapat merusak lingkungan dan bagaimana penggunaan tas belanja reusable dapat mengurangi sampah plastik. Atau membawa tempat makan dan minum sendiri saat membeli makanan. Hal ini dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak memperbanyak sampah plastik.

8. Mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai.

Kebiasaan mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai merupakan hal penting yang wajib diajarkan kepada setiap anggota keluarga. Kamu bisa mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai seperti sedotan plastik, gelas kertas, atau sendok plastik. Kamu bisa menggunakan perlengkapan makan yang dapat digunakan berulang kali seperti sendok dan gelas dari bahan ramah lingkungan.

9. Menghargai alam.

Kegiatan positif lainnya adalah dengan mengajarkan anggota keluarga atau orang disekitar untuk menghargai alam. Cara untuk menghargai keindahan alam adalah dengan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di sekitar rumah. Kamu bisa mengajar setiap orang untuk menjaga taman atau pekarangan rumah agar tetap bersih dan merawat tanaman dan hewan di sekitarnya.