Brilio.net - Dalam menyusun suatu kalimat, terkadang tidak terlepas dari subjek, objek, dan keterangan. Misalnya kata kerja transitif - kata kerja yang harus memiliki objek untuk melengkapi suatu kalimat. Lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkapnya.

Mengenal contoh kata kerja transitif dalam bahasa Inggris menjadi salah satu referensi yang bisa kamu gunakan untuk memperdalam pengetahuan tentang kata kerja transitif dalam bahasa Inggris.

Berikut 35 Contoh kata kerja transitif dalam bahasa Inggris yang lengkap dengan pengertian, ciri, dan fungsinya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (29/5).

Pengertian kata kerja transitif dalam bahasa Inggris.

Contoh kata kerja transitif dalam bahasa Inggris beserta fungsinya © 2023 brilio.net

Contoh kata kerja transitif dalam bahasa Inggris beserta fungsinya
© 2023 brilio.net/pexels.com

Kata kerja transitif dalam bahasa Inggris adalah jenis kata kerja yang membutuhkan objek untuk melengkapi makna atau tindakan yang diungkapkan dalam suatu kalimat. Tanpa objek, kalimat transitif tidak bisa menyampaikan makna yang jelas. Dengan demikian, apabila dalam kalimat transitif memiliki objek jelas maka tindakan yang dilakukan oleh subjek dapat diperjelas dan mudah dipahami. Misalnya 'saya membeli buku', dalam kalimat tersebut dijelaskan apa yang dilakukan oleh subjek kalimat.

Dalam kalimat transitif, subjek melakukan tindakan atau memengaruhi objek. Berikut adalah contoh pola kalimat transitif dalam bahasa Inggris:

Subjek + Kata Kerja Transitif + Objek

Contoh:
1. She reads a book. (Dia membaca sebuah buku.)
- "She" adalah subjek, "reads" adalah kata kerja transitif, dan "a book" adalah objek.

2. They ate an apple. (Mereka makan sebuah apel.)
- "They" adalah subjek, "ate" adalah kata kerja transitif, dan "an apple" adalah objek.

3. He opened the door. (Dia membuka pintu.)
- "He" adalah subjek, "opened" adalah kata kerja transitif, dan "the door" adalah objek.

Perlu dicatat bahwa tidak semua kata kerja dalam bahasa Inggris transitif. Ada juga kata kerja intransitif yang tidak memerlukan objek. Contoh kata kerja intransitif adalah "arrive" (tiba), "sleep" (tidur), "run" (lari), dan sebagainya.

Pemahaman tentang kata kerja transitif penting untuk memahami struktur kalimat dan hubungan antara subjek dan objek dalam bahasa Inggris. Dengan mengetahui apakah suatu kata kerja transitif atau intransitif, kamu dapat mengkonstruksi kalimat yang benar dan memahami bagaimana tindakan atau pengaruh subjek ditujukan ke objek.