Brilio.net - Karya ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang memiliki keunikan tersendiri. Dimana Karya ilmiah merujuk pada hasil penelitian atau kajian yang dilakukan dengan metode ilmiah dan disusun secara sistematis dalam bentuk tulisan. Karya ilmiah memiliki beberapa karakteristik khusus yang membedakannya dari tulisan biasa. Misalnya menggunakan metode penelitian tertentu dan memiliki sistematika yang jelas dan menggunakan referensi yang valid dan dapat diuji.

Dalam menulis karya ilmiah biasanya menggunakan kata baku. Kata baku merupakan jenis kata yang merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Biasanya penggunaan kata baku pada tulisan-tulisan formal seperti karya ilmiah ini.

Nah contoh penggunaan kata baku dalam karya ilmiah ini dapat memberikan kamu gambaran tentang kata-kata baku yang kerap digunakan dalam karya ilmiah. Berikut contoh penggunaan kata baku dalam karya ilmiah beserta pengertian dan pentingnya penggunaan kata baku dalam karya ilmiah, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (19/5).

Pengertian kata baku dalam karya ilmiah.

Contoh penggunaan kata baku dalam karya ilmiah © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Dalam karya ilmiah, pengertian kata baku mengacu pada penggunaan kata dengan ejaan dan bentuk yang sesuai dengan kaidah bahasa resmi yang ditetapkan oleh lembaga bahasa, seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Kata baku adalah bentuk kata yang dianggap standar dan sah dalam bahasa Indonesia. Penggunaan kata baku bertujuan untuk menjaga konsistensi dan keseragaman dalam penulisan karya ilmiah agar mudah dipahami dan diakui oleh para pembaca dan komunitas ilmiah.

Dalam karya ilmiah, penting untuk menggunakan kata baku agar penulisan lebih terpercaya dan terhindar dari kesalahan ejaan atau pemahaman yang salah. Selain itu, penggunaan kata baku juga memudahkan pembaca dalam mencari definisi dan makna kata yang digunakan.

Penggunaan kata baku dalam karya ilmiah juga mencakup penggunaan kata yang tepat sesuai dengan bidang atau disiplin ilmu yang sedang dibahas. Misalnya, dalam bidang ilmu kedokteran, penggunaan kata baku untuk istilah-istilah medis sangat penting agar tidak terjadi kebingungan atau salah tafsir.