Brilio.net - Memahami kata sandang dalam bahasa Inggris ini cukup mudah. Kamu hanya perlu membaca artikel ini sampai selesai untuk memahami tentang kata sandang dalam bahasa Inggris ini. Kata sandang dalam bahasa Inggris sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Kata sandang atau yang dikenal sebagai 'article/imbuhan' dalam kata-kata tertentu. Oleh karena itu, biasanya kata yang diikuti dengan kata sandang maka akan selaras dengan kata atau kata benda yang disebutkan. Misalnya kata 'the Police'. Kata 'the' merupakan bagian dari kata sandang.

Dalam bahasa Indonesia, kata sandang dicontohkan dengan artikel sang, para si dan lain sebagainya. Sementara dalam bahasa Inggris, kata sandang dikenal dengan artikel an, the, a, dan lain sebagainya.

Agar kamu lebih mudah memahami tentang kata sandang dalam bahasa Inggris berikut 60 Contoh kata sandang dalam bahasa Inggris disertai dengan fungsi dan ciri-cirinya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (3/5).

Fungsi kata sandang dalam bahasa Inggris.

Contoh kata sandang dalam bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

1. Menunjukkan kata benda yang spesifik.

Fungsi utama dari kata sandang dalam bahasa Inggris adalah untuk menunjukkan kata benda yang spesifik. Misalnya, "the shirt" artinya "kemeja" yang spesifik, bukan kemeja apa pun.

2. Mengindikasikan bentuk tunggal atau jamak dari kata benda.

Kata sandang dalam bahasa Inggris juga digunakan untuk menunjukkan apakah suatu kata benda bersifat tunggal atau jamak. "A shirt" artinya "satu kemeja" sementara "shirts" artinya "kemeja-kemeja" atau "banyak kemeja". Penggunaan 'a' untuk awalan benda dengan bunyi konsonan. Sementara an untuk awalan benda dengan bunyi vokal seperti a, i, u, e, o.

3. Menunjukkan kepemilikan atau atribut suatu benda.

Kata sandang dalam bahasa Inggris juga dapat digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atau atribut suatu benda. Misalnya, "his shirt" artinya "kemeja miliknya" dan "the red car" artinya "mobil berwarna merah".

4. Memberikan penekanan pada suatu benda atau orang.

Kata sandang dalam bahasa Inggris juga dapat digunakan untuk memberikan penekanan pada suatu benda atau orang. Misalnya, "the president" artinya "presiden" yang sangat spesifik, bukan presiden lainnya.

5. Menunjukkan penggunaan umum atau generik
Kata sandang dalam bahasa Inggris dapat.

digunakan untuk menunjukkan penggunaan umum atau generik dari suatu kata benda. Misalnya, "I need a pencil" artinya "saya membutuhkan pensil" dalam penggunaan umum atau generik, bukan pensil tertentu.

6. Menunjukkan benda jamak yang lebih dari satu.

Misalnya kata ss dalam classes, sh dalam brushes, kata sandang ch dalam watches, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, kata sandang dalam bahasa Inggris berfungsi untuk menunjukkan kata benda yang spesifik, mengindikasikan bentuk tunggal atau jamak dari kata benda, menunjukkan kepemilikan atau atribut suatu benda, memberikan penekanan pada suatu benda atau orang, serta menunjukkan penggunaan umum atau generik dari suatu kata benda.