Brilio.net - Kata kerja aktif dalam bahasa Inggris (active verb) adalah kata kerja yang menunjukkan aksi yang dilakukan oleh subjek dalam suatu kalimat. Dalam struktur kalimat aktif, subjek melakukan aksi kepada objek atau melakukan aksi sendiri tanpa memerlukan objek. Contohnya, dalam kalimat "John writes a letter", "writes" adalah kata kerja aktif karena menunjukkan bahwa John melakukan tindakan menulis surat dan "a letter" adalah objek dari aksi tersebut.

Dalam tata bahasa Inggris, kata kerja aktif juga disebut sebagai transitive verb atau intransitive verb. Transitive verb adalah kata kerja aktif yang membutuhkan objek untuk menjelaskan tindakan yang dilakukan oleh subjek, sedangkan intransitive verb adalah kata kerja aktif yang tidak membutuhkan objek dalam kalimat.

Agar kamu lebih memahami kata kerja aktif dalam bahasa Inggris ini berikut ciri-ciri dan 50 contoh kata kerja aktif dalam bahasa Inggris beserta bentuk kalimatnnya yang mudah dipahami seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (28/4).

Ciri-ciri kata kerja aktif dalam bahasa Inggris

Contoh kata kerja aktif dalam bahasa Inggris lengkap dengan ciri-cirinya © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

1. Kata kerja aktif selalu diikuti oleh objek atau tidak membutuhkan objek.

2. Kata kerja aktif menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat.

3. Kata kerja aktif dapat ditemukan dalam berbagai bentuk kalimat seperti kalimat pernyataan, kalimat tanya, dan kalimat perintah.

4. Kata kerja aktif dapat diubah menjadi berbagai bentuk seperti bentuk lampau, bentuk sekarang, dan bentuk masa depan.

5. Kata kerja aktif dapat digunakan dalam kalimat tunggal atau kalimat majemuk.

6. Kata kerja aktif dapat dipadukan dengan kata kerja bantu (auxiliary verb) untuk membentuk kalimat lampau, sekarang, atau masa depan.