Brilio.net - Contoh kata kerja material dan relasional ini perlu kamu ketahui agar dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Contoh kata kerja material dan relasional ini sangat mudah dipahami jika kamu benar-benar mempelajarinya. Mengapa? Karena kalimat ini sering kamu gunung di keseharian.

Secara sederhana kata kerja material merupakan kata kerja yang seringkali ditemukan dalam berbagai jenis teks, seperti teks eksplanasi atau teks prosedur, yang merujuk pada aktivitas fisik atau perbuatan yang dapat diamati.

Penggunaan kata kerja material dapat mudah dikenali dengan melihat kata kerja yang menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh subjek. Misalnya Si A sedang menulis. Kata menulis sebagai kata kerja material. Atau menerangkan subjek melakukan suatu tindakan.

Sementara kata kerja relasional merupakan kata kerja yang menunjukkan hubungan atau keadaan antara subjek dan objek, atau subjek dan predikat. Kata kerja relasional ini digunakan untuk menggambarkan keadaan atau kondisi dari subjek. Misalnya Burung-burung terlihat terbang di langit. Kata terlihat merupakan kata relasional atau kata yang menerangkan keadaan subjek.

Perbedaan antara kata kerja material dan kata kerja relasional adalah pada jenis tindakan yang diungkapkan. Kata kerja material menunjukkan tindakan atau aktivitas yang dapat diamati, sedangkan kata kerja relasional menunjukkan hubungan atau keadaan antara subjek dan objek atau subjek dan predikat.

Nah supaya kamu lebih paham tentang kata kerja material dan relasional, berikut dijabarkan 65 Contoh kata kerja material dan relasional yang lengkap dengan penggunaannya, cirinya dan bentuk kalimatnya, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (30/4).