Brilio.net - Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata nominalisasi merupakan proses atau cara mengubah kata kerja atau kata sifat menjadi kata benda dengan menambahkan akhiran tertentu. Dan hasil dari proses nominalisasi, yaitu kata benda yang terbentuk dari kata kerja atau kata sifat dengan menambahkan akhiran tertentu.

Dari pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa kata nominalisasi merupakan proses mengubah kata kerja atau kata sifat menjadi kata benda. Kata nominalisasi biasanya terbentuk dengan menambahkan akhiran -an, -asi, -i, -ik, -isme, atau -itas pada akhir kata kerja atau kata sifat.

Dalam bahasa Indonesia, kata nominalisasi sangat umum digunakan terutama dalam penulisan resmi seperti surat dinas, laporan, jurnal, dan sebagainya. Penggunaan kata nominalisasi dianggap dapat membuat tulisan menjadi lebih formal dan akademis, serta memudahkan pembaca dalam memahami makna dari sebuah kalimat karena dapat menunjukkan konsep atau ide yang lebih spesifik dan jelas.

Selain memahami pengertian kata nominalisasi diatas, kamu juga perlu memahami fungsi dan jenis kata nominalisasi beserta contohnya agar lebih jauh memahami kata nominalisasi ini, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (20/4).