Brilio.net - Kata kerja mental merupakan kata kerja yang berfokus pada tindakan seseorang. Kata kerja mental ini juga mengacu pada proses yang berkaitan dengan pikiran atau otak. Umumnya kata kerja mental juga berarti menggambarkan tindakan atau proses yang terkait dengan pikiran, perasaan, dan pemahaman seseorang, dan dapat membentuk pola pikir, sikap, dan perilaku seseorang.

Kata kerja mental sangat penting dalam proses berpikir dan pengambilan keputusan, serta dalam proses belajar dan mengembangkan keterampilan baru. Dalam teks persuasi, kata kerja mental dapat digunakan untuk mempengaruhi pola pikir, sikap, dan perilaku pembaca dengan cara yang rasional dan logis.

Kata kerja mental dalam teks persuasi adalah kata kerja yang mengacu pada tindakan atau proses mental yang dapat memengaruhi pola pikir, sikap, dan perilaku seseorang. Kata kerja ini sering digunakan dalam teks persuasi untuk membantu membentuk keyakinan dan tindakan pembaca melalui proses pemikiran dan penilaian yang rasional dan logis. 

Contoh kata kerja mental dalam teks persuasi antara lain adalah merenung, mempertimbangkan, memikirkan, mengkritisi, merespon, memahami, dan sebagainya. Penggunaan kata kerja mental dalam teks persuasi sangat penting untuk membantu membentuk keyakinan dan tindakan yang dapat mempengaruhi hasil akhir dari proses persuasi.

Nah untuk memudahkan kamu memahami kata kerja mental dalam teks persuasi ini, berikut ulasan kata kerja mental beserta 65 contohnya dalam teks persuasi yang mudah dipahami: