Brilio.net - Transportasi berperan penting dalam menunjang mobilitas. Belakangan ini banyak yang mulai beralih menggunakan transportasi umum untuk berkegiatan sehari-hari. Selain transportasi umum bus dan kereta, tak sedikit pula yang menggunakan moda transportasi taksi untuk bepergian.

Salah satu moda transportasi taksi yang dikenal di Tanah Air adalah Bluebird. Perusahaan berlambang burung biru yang sudah mengaspal sejak 1972 ini kini diketahui telah memiliki 22.000 armada taksi dengan 24.000 pengemudi. Menginjak usia 51 tahun, Bluebird nggak hanya fokus mengembangkan bisnis, tapi juga terus berupaya untuk meningkatkan kontribusi berkelanjutan yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, perusahaan transportasi Bluebird berkomitmen untuk menurunkan emisi melalui sustainability strategy 50:30 sampai tahun 2030. Strategi tersebut dilakukan melalui tiga pilar, yaitu Blue Corp, Blue Sky, dan Blue Life.

Blue Corp sendiri merupakan sebuah konsep yang dilakukan oleh Bluebird dalam menjalankan operasional perusahaan, salah satunya dengan patuh terhadap regulasi dan sertifikasi dari berbagai sektor, seperti rutin melakukan pengecekan emisi untuk seluruh armada Bluebird.

Blue Sky merupakan sebuah upaya Bluebird untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik. Sementara Blue Life juga menjadi sebuah upaya Bluebird untuk menerapkan kehidupan sosial yang ramah lingkungan.

 bluebird menuju perusahaan berkelanjutan © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

Kepala Bluebird Buah Batu dan Cimahi, Urfan Ridha, mengungkapkan bahwa pool Bluebird Bandung telah menerapkan dua dari tiga pilar tersebut, yakni Blue Sky dan Blue Life. Wujud penerapan pilar Blue Sky yaitu dengan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, seperti botol minum para pengemudi. Selain itu, Pool Bluebird Bandung juga menggandeng taksi lokal RinaRini untuk menjadi Kawan Bluebird.

"Di Bandung sedang menjalankan dua dari ketiga pilar tersebut. Pertama adalah Blue Life dan kedua Blue Sky. Bluebird yang menggandeng perusahaan taksi lokal untuk beroperasi melalui program Kawan Bluebird," tutur Urfan dalam Media Trip di Bandung, Selasa (5/12).

Terdapat satu taksi lokal yang menjadi Kawan Bluebird, yaitu Taksi RinaRini. Dalam program ini, Bluebird ingin membantu para pengusaha taksi di Bandung yang terpukul oleh disrupsi teknologi dan juga terdampak Covid-19 agar dapat kembali bangkit dan tetap beroperasi.

 bluebird menuju perusahaan berkelanjutan © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci