Brilio.net - Kini menjadi pebisnis bukan lagi mimpi belaka. Bahkan kamu juga bisa loh menjadi CEO (Chief Executive Officer) perusahaan. Menjadi seorang CEO memang tidak mudah, sebab jabatan tertinggi dalam perusahaan ini membutuhkan pengalaman dan keterampilan yang matang. Di tangan CEO arah perkembangan perusahaan juga ditentukan.

Jika kamu ingin menjadi CEO, mulailah dengan langkah-langkah yang akan mengantarkanmu pada posisi ini. Salah satunya dengan memilih jurusan yang sesuai agar kamu memiliki bekal ilmu yang cukup untuk mengelola perusahaan. Nah, berikut ini 5 jurusan bisa bantu kamu mewujudkan cita-cita jadi CEO.

Apa saja? Berikut ini ulasannya dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat, (27/10).

1. Manajemen Bisnis

Keinginan menjadi seorang CEO bisa menjadi salah satu alasan kuliah jurusan manajemen bisnis. Jika dilihat dari pandangan umum, jurusan manajemen bisnis memang dianggap paling kompatibel untuk menjadi seorang CEO. Jurusan ini memberikan peluang untuk belajar skill kepemimpinan sehingga kamu bisa membangun tim yang kuat untuk mencapai tujuan bisnis. Seorang mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis juga akan diajarkan pandai beradaptasi sehingga dapat dengan cepat mengatasi sebuah masalah.

Untuk itu, kamu perlu berpikir strategis, analitis, visioner, serta mampu mengidentifikasi tren, pola, dan menghasilkan wawasan bisnis. Keterampilan tersebut selanjutnya dapat kamu praktikkan untuk memperkirakan peluang dan tantangan hingga merumuskan strategi untuk menghadapi perubahan. Selama belajar di jurusan Manajemen Bisnis, mahasiswa juga dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik.

Komunikasi yang baik sangat penting dalam urusan bisnis baik dalam hubungan dengan rekan kerja maupun pelanggan. Kemampuan ini akan berkembang jika kamu sering mendengarkan secara aktif dan memahami berbagai macam perspektif. Dengan demikian, kamu seolah-olah akan belajar simulasi berbisnis sebelum menjadi CEO dengan belajar di Manajemen Bisnis.

2. Ilmu Ekonomi

Sesuai namanya, jurusan ilmu ekonomi memang memiliki peluang besar untuk berperan dalam sebuah proses ekonomi. Mahasiswa yang belajar di jurusan ini akan memiliki pengetahuan mengenai cara mengelola sekaligus mengalokasikan sumber daya. Seorang CEO yang berasal dari jurusan Ilmu Ekonomi tentu akan memiliki gambar peluang usaha yang sangat luas. Pengetahuan mengenai peluang sebuah usaha ini berhubungan dengan kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi untuk perputaran roda ekonomi.

Selain itu, pengetahuan yang didapatkan dalam Ilmu Ekonomi juga sangat penting untuk menganalisis perputaran uang dalam perusahaan. Dengan demikian, kamu bisa menjalankan bisnis yang sehat baik dari dalam perusahaan maupun hubungan transaksi dengan pelanggan.

3. Teknik

Jurusan teknik sebenarnya cukup luas karena memiliki sub bagian yang cukup beragam mulai dari teknik mesin, teknik elektro, dan lainnya. Namun yang membuat jurusan ini identik adalah bagaimana mahasiswanya terjun ke lapangan secara langsung. Tidak hanya itu, jurusan teknik juga akan mengantarkanmu untuk melakukan banyak inovasi atau bahkan produk-produk baru. Selanjutnya kamu bisa menerapkan berbagai pembaharuan untuk bisnis agar selalu tampil baru dan berbeda untuk mendapatkan atensi pelanggan.

Produk baru yang bisa dibuat tidak hanya secara fisik saja melainkan terdapat peluang lain misalnya untuk jurusan Teknik Informatika. Jurusan ini dapat dengan cermat membangun startup yang memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar di era kemajuan teknologi.

4. Hukum

Tidak dapat dipungkiri jika saat mengelola sebuah perusahaan seorang CEO akan dihadapkan dengan berbagai dokumen penting. Untuk mengatasinya, kamu perlu cara yang tepat agar tidak salah langkah dan mengambil keputusan yang legal dan aman. Oleh karena itu, jurusan hukum menjadi salah satu pilihan yang bisa ditempuh untuk menjadi seorang CEO. Memang di sini lain kamu masih harus memahami alur berbisnis agar perusahaan tetap memberikan keuntungan sebagaimana mestinya. Tetapi jika kamu adalah seorang lulusan Hukum, maka proses belajar bisnis bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.

Mahasiswa jurusan Hukum juga telah dibiasakan untuk menghadapi banyak kasus yang mungkin muncul seiring berkembangnya sebuah bisnis. Dengan demikian kamu akan terbiasa untuk memecahkan masalah dengan mudah dan cepat saat menduduki jabatan CEO.

5. Filsafat

Siapa sangka jurusan filsafat memiliki peluang untuk mengantarkanmu menjadi seorang CEO sebab mungkin jurusan ini terkesan sulit. Namun jangan heran sebab filsafat akan membuatmu terbiasa untuk menjadi pribadi yang kritis dan rasional.

Kemampuan dalam berpikir logis sangat penting bagi CEO untuk memimpin perusahaan agar selalu matang dalam mengambil keputusan. Setiap masalah perlu melewati proses analisis yang mendalam untuk mendapat jawaban terbaik sehingga dapat mencapai tujuan bisnis yang diimpikan.

Itulah daftar jurusan kuliah yang bisa kamu pilih sebagai langkah awal untuk menjadi seorang CEO. Ingat jika kamu akan memiliki tanggung jawab yang besar karena harus memimpin sebuah perusahaan sekaligus menghimpun banyak pihak.

Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan matang termasuk memilih jurusan kuliah yang tepat di kampus terbaik seperti LSPR. Kuliah manajemen bisnis di LSPR merupakan pilihan terbaik yang akan memberikan kamu kesempatan untuk menjalankan bisnis dengan wawasan global. Hal ini karena LSPR telah memiliki hubungan kerja sama dengan berbagai perusahaan ternama, sebut saja EU Business School dan Alibaba Group.