Brilio.net - PT. Hatten Bali Tbk. atau Hatten Wines, perusahaan yang bergerak di bidang distribusi minuman beralkohol khususnya wine sukses terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak awal tahun sebagai perusahaan tercatat ketujuh pada tahun 2023. Didirikan pada tahun 2000 silam, Hatten Wines merupakan perintis industri wine di Indonesia maupun di Asia.

Perusahaan ini berhasil membangun dan mempertahankan budidaya penanaman anggur lokal, maupun anggur internasional di lahan sendiri, juga bermitra dengan petani buah anggur setempat. Pembuatan wine yang sukses ini berhasil mendapatkan pengakuan internasional melalui penghargaan dari berbagai kompetisi wine dunia yang diterima oleh Hatten Wines.

Hatten Wines © Istimewa

foto: istimewa

Baru-baru ini, Hatten Wines sendiri telah melepas sejumlah 678.000.000 lembar saham pada Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO). Besaran saham itu setara dengan 25,02% dari modal disetor dan ditempatkan perseroan, dengan harga Rp. 129 per saham. Perseroan menunjuk PT NH Korindo Sekuritas Indonesia selaku penjamin pelaksana emisi efek, penjamin emisi efek dan Underwriter. Sebelum IPO, saham perseroan tercatat dimiliki oleh Ida Bagus Rai Budarsa selaku pendiri Hatten Wines sebesar 50% dan PT Gotama Putra sebesar 50%.

Selama masa penawaran umum pada tangga 3-6 Januari 2023 lalu, saham PT Hatten Bali Tbk. mendapatkan respon yang positif dari para investor dan seluruh saham yang ditawarkan dapat terserap dengan baik. Perseroan akan menerima dana segar sebesar Rp. 87,46 miliar dimana dana yang diraih dari IPO ini, utamanya akan digunakan sebagai modal kerja untuk pengembangan usaha.

Hatten Wines © Istimewa

foto: istimewa

Ida Bagus Rai Budarsa atau Gus Rai sapaan akrabnya, yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur Hatten Wines menjelaskan bahwa produk perusahaannya ini kian berkembang dan diminati di Indonesia. Oleh sebab itu langkah perusahaan masuk ke Bursa Efek Indonesia sebagai salah upaya meningkatkan kapasitas pendanaan perusahaan.

“Dengan berkembangnya produk dan minat atas industri ini di Indonesia, langkah perusahaan masuk ke Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui IPO adalah bagian dari strategi untuk meningkatkan kapasitas pendanaan perusahaan dan tata kelola agar kami dapat terus menjadi yang terbaik di industri ini,” terang Ida Bagus Rai Budarsa.

Wine & Argentinian Grill Food Pairing.

Setelah sukses dengan gebrakan IPO di awal tahun, Hatten Wines mengadakan jamuan makan malam dengan hidangan khas Argentina bersanding dengan pilihan wine istimewa dari perusahaan ini. Acara makan malam ini diadakan di Sudestada restoran, Jakarta dan menjamu tamu-tamu undangan khusus.

Hatten Wines © Istimewa

foto: istimewa

Makan malam diawali dengan sajian cocktail dan kudapan ringan kemudian dilanjutkan dengan sesi “Pairing Session” dimana para tamu dapat mempelajari tentang wine tasting, wine by the sauce, wine with protein yang akan dipandu langsung oleh ahlinya yaitu Kertawidyawati – Wine Spirit Educator bersertifikat dari WSET (Wine Spirit Education Trust), Inggris. Acara kemudian dilanjutkan dengan makan malam yang dihidangkan dengan wine.

Berbagai wine terpilih disajikan oleh Hatten Wines pada saat Pairing Session dan jamuan makan malam. Mulai dari Hatten Sparkling Tunjung, Hatten Aga White, Sweet Alexandria, Hatten Aga Red, Dragonfly Cabernet Shiraz, Two Islands Reserve Cabernet Sauvignon. Dan untuk menemani hidangan penutup yang manis, disajikan Pino De Bali dan Dragonfly Moscato.

Gus Rai sendiri menyatakan optimis dengan prospek bisnis dan pertumbuhan pendapatan yang dijalankan perseroan saat ini. Terutama melihat gaya hidup masyarakat menengah atas untuk mengkonsumsi wine dan tingkat pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang semakin besar.