Brilio.net - Sebagai produsen laptop paling sukses diminati konsumen Indonesia, ASUS setiap tahunnya selalu berinovasi memberikan experience terbaik bagi pengguna. Nggak hanya menghadirkan desain modern, ASUS semakin gencar menghadirkan laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED. Nah, yang terbaru ASUS meluncurkan laptop ProArt Studiobook 16 OLED (H7600) yang ditujukan untuk para kreator profesional.

Masuk di lini ProArt laptop ini mengedepankan layar akurat, performa sangat kencang dan yang pertama di dunia dilengkapi ASUS Dial. Perusahaan mengatakan, laptop ProArt Studiobook 16 OLED (H7600) ini merupakan laptop kreator 16 inci ultra-powerful yang menghadirkan performa pemrosesan, grafis, dan penyimpanan terbaik serta stabilitas dan kompatibilitas yang luas seperti yang dibutuhkan oleh para individu yang berkecimpung di industri kreatif.

Sebagai laptop profesional, ProArt Studiobook 16 OLED (H7600) didukung prosesor 12th Gen Intel® Core™ i7 H-Series dan grafis NVIDIA GeForce RTX™ 3060 Studio. Kombinasi keduanya membuat pekerjaan rendering, visualisasi, simulasi, atau analisis fotorealistik yang sangat kompleks mudah dilakukan. Terlebih, laptop ini sudah melalui uji standar militer US MIL-STD 810H yang membuatnya tangguh dalam aneka kondisi pekerjaan.

Untuk spesifikasi laptop ASUS ini, perangkat didukung oleh 12th Gen Intel® Core™ i7-12700H processor dengan dua slot SO-DIMM yang dapat menampung hingga 64GB RAM DDR4-3200MHz, Studiobook 16 OLED mampu melakukan apa pun yang dapat dibayangkan.

Saat mode Performance diaktifkan, perangkat ini dapat meningkatkan daya CPU menjadi 75W yang berkelanjutan, atau 95W secara sementara, secara otomatis menyesuaikan pengaturan kecepatan kipas dalam sistem termal IceCool Pro.

Untuk loading sistem operasi, aplikasi dan pengambilan data yang cepat, tersedia penyimpanan canggih yang dapat menampung hingga dua SSD. Salah satunya adalah SSD NVMe M.2 PCIe® 4.0 x4 2TB yang bisa ditambah dengan SSD NVMe M.2 PCIe 3.0 x4 2TB hingga memberikan kapasitas penyimpanan total 4TB dengan kecepatan pembacaan data yang sangat cepat, mencapai 7000MB/s.

Jadi standar tinggi di dunia industri kreatif.

ProArt Studiobook 16 OLED © 2023 brilio.net

foto:ASUS

Sementara daya proses grafis 3D pada tingkat profesional disediakan oleh NVIDIA GeForce RTX 3060 GPU, yang berbasis pada Ampere, teknologi RTX generasi kedua dari NVIDIA. Teknologi ini disebut dapat menangani tugas-tugas grafis terberat, seperti model CAD kompleks, desain produk 3D, atau pengeditan video beresolusi tinggi, berkat fitur-fitur canggih di GPU termasuk ray tracing dan akselerasi AI.

Laptop ini juga memiliki memori video GDDR6 yang cepat, bersama dengan kemampuan untuk meningkatkan daya GPU dari 80 W hingga 110 W, laptop dapat menyesuaikan kecepatan kipas sistem sesuai kebutuhan untuk performa optimum. Untuk stabilitas driver yang luar biasa, ASUS menggunakan NVIDIA Studio Drivers untuk memastikan performa maksimum, keandalan yang tangguh, dan kompatibilitas perangkat lunak yang luas.

Sistem pendinginan ASUS IceCool Pro memungkinkan sistem berjalan nyaman pada TDP total 140 Watt (50W CPU dan 90W GPU) di mode Performance - tanpa throttling.

Teknik yang luar biasa ini dilengkapi dengan dua kipas blade aerofoil 102, kipas laptop pertama di dunia yang menggunakan lebih dari 100 bilah. Adapun bilah aerofoil ramping terbuat dari side-chain liquid crystal epoxy polymer (SCP): desain 3D melengkung yang tenang dan hemat daya meningkatkan aliran udara sebesar 16%.

Terakhir, enam buah heat pipes dan tujuh sensor cerdas di dalamnya akan memastikan performa pendinginan yang optimal. Di saat yang sama, ia juga bisa membuat laptop bekerja dengan senyap, di bawah 40dBA dalam mode Normal. Dengan demikian, pengguna bisa berkonsentrasi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa terganggu suara bising.

Untuk layar, laptop ini membawa layar 16 inci 4K OLED HDR 16:10. Panel 16:10 ini memiliki desain bezel ultra-tipis, sehingga menyediakan lebih banyak ruang layar. Layar juga memiliki emisi cahaya biru 70 persen lebih rendah dibandingkan model LCD, dan bersertifikasi untuk perawatan mata oleh TÜV Rheinland. Ada pula sertifikasi VESA DisplayHDR™ 500 True Black untuk kontras ultra-tinggi dan warna hitam yang dalam, serta gamut 100% DCI-P3 standar industri untuk menampilkan warna yang hidup dan nyata sebanyak mungkin.

Melalui perangkat ini, Asus juga memperkenalkan Asus Dial, kontrol putar fisik pertama yang terintegrasi ke dalam laptop, untuk memberikan kendali ujung jari instan, presisi, dan dapat disesuaikan atas parameter dalam aplikasi kreatif. ASUS Dial saat ini kompatibel dengan empat aplikasi Adobe: Photoshop, Premiere Pro, Photoshop Lightroom Classic, dan After Effects.

Selain itu, aplikasi ProArt Creator Hub juga menampilkan dashboard gambaran umum, dan memungkinkan para kreator beralih ke mode kinerja yang berbeda, kalibrasi warna layar, atau menyesuaikan ASUS Dial.

Untuk urusan I/O laptop ini sangatlah lengkap. Tersedia port USB-C® Thunderbolt™ 4 dan port USB-C 3.2 Gen 2 dengan dukungan Power Delivery, DisplayPort, dan VR; port LAN Ethernet gigabit RJ45 standar; port HDMI® 2.1 terbaru. Ada juga pembaca kartu SD Express 7.0 yang menempatkan konektivitas jauh di depan dari yang lain; dan WiFi 6 Intel kelas gigabit (802.11ax).

Ada pula HDMI 2.1 terbaru untuk layar eksternal hingga 8K 120 Hz atau 10k 60 Hz. Slot SD Express 7.0 siap untuk menampung kartu SD Express tercepat yang pernah ada: mendukung kecepatan hingga 985MB/s, atau hampir 10 kali lebih cepat daripada kartu SD biasa, sehingga memudahkan dan mempercepat transfer file mentah berukuran besar antara perangkat.

Untuk urusan audio, laptop ini dipersenjatai dengan sistem audio Harman Kardon dan teknologi DTS® memberikan pengalaman suara multi-channel yang menakjubkan. DAC ESS® SABRE dengan kelas audiofil mendapat sertifikasi Hi-Res Audio untuk kualitas pemutaran audio tertinggi yang memungkinkan untuk menggerakkan headphone dengan impedansi tinggi yang paling canggih di dunia.