Brilio.net - KithLabo, sebuah layanan artis yang dikembangkan oleh perusahaan musik digital global Believe Music telah sukses menghantarkan sejumlah musisi independen (indie) ke tingkatan baru di karir musik.

Managing Director SEA AU NZ Believe, Antoine El Iman mengungkapkan bahwa Believe meluncurkan KithLabo di tahun 2020 sebagai merek pertama artist services di Indonesia yang fokus bekerja sama dengan musisi independen dalam aliran musik Pop Urban.

"Kesuksesan musisi KithLabo dalam beberapa bulan terakhir adalah wujud yang jelas dan kualitas karya mereka yang didukung oleh kreasi dan implementasi strategi pemasaran yang terkini oleh tim lokal kami dan memanfaatkan dengan maksimal teknologi global kami yang solutif," kata Antoine seperti dikutip dari rilis yang diterima brilio.net, Kamis (9/3).

Ia menambahkan, selama beberapa tahun terakhir ini, jumlah musisi indie yang mempublikasikan musik dan video di platform digital dan berkomunikasi dengan penggemar melalui media sosial meningkat secara signifikan.

KithLabo hadir untuk memberikan dukungan kepada para musisi agar bisa menonjol dan memaksimalkan promosi rilisan musik. Namun demikian, para musisi tetap memiliki kuasa penuh atas karya musik dan perjalanan karir mereka.

Country Director of Believe Indonesia, Dahlia Wijaya mengatakan, misi utama artist services adalah untuk melayani artis independen untuk menjangkau audiens.

"Bersama dengan kithLabo, para musisi berkolaborasi dengan para ahli yang berpengalaman di bidangnya untuk menciptakan strategi pemasaran dan promosi yang relevan untuk pendengar musik mereka," ujarnya.

Ia menjamin para musisi tetap memiliki kemerdekaan dalam kreativitas, produksi dan yang kepemilikan master rekaman. Hindia menjadi musisi pertama yang bekerja sama dengan KithLabo. Tembang "Menari Dengan Bayangan" milik Hindia adalah proyek album penuh perdana yang digarap strategi pemasarannya oleh KithLabo dan telah mencapai total 530 juta streams di Spotify.

KithLabo juga menjadi bagian dalam kesuksesan album penuh ketiga Yura Yunita bertajuk "Tutur Batin" yang memasuki daftar tangga lagu teratas di ragam layanan streaming. Kesuksesan tersebut juga dibuktikan Yura Yunita melalui penghargaan Penyanyi Wanita Terbaik untuk ketiga kalinya versi AMI Awards di tahun 2022.

"Hampir tiga tahun aku bekerjasama dengan Believe artist services, banyak mengubah hidup aku, mempermudah dan ternyata membawa aku ke titik terbaik di perjalanan karir selama aku bermusik dari 2018," kata Yura Yunita.

Selain Yura Yunita, lagu "Takut" dari Idgitaf yang bergaung pada awal 2022, mengantarkannya menjadi salah satu penyanyi dan pencipta lagu perempuan muda yang bersinar. Hal ini dibuktikannya juga dengan masuk menjadi salah satu nominator Album Terbaik versi AMI Awards 2022 untuk mini album perdananya, “Semoga Sembuh”.

Musisi yang saat ini bekerja sama dengan KithLabo adalah Goodnight Electric, Julian Jacob, Yura Yunita, Sal Priadi, ldgitaf, TheOvertunes, Hindia, .Feast, Gangga, The Panturas, Lomba Sihir, RAN, Hal, dan Putu Maydea.