Brilio.net - Ajang perdana yang mengumpulkan para penikmat, penggiat, dan pebisnis di industri musik bertajuk “IndieAF” sukses digelar oleh TuneCore. Ini merupakan karya dari salah satu distributor musik digital terkemuka untuk artis yang rilis secara mandiri pada Minggu (19/3) kemarin. Dikemas oleh TuneCore dengan konsep yang menggabungkan antara Performance Music, Workshop, hingga Networking, "IndieAF" bertujuan untuk membawa musisi Indonesia untuk tampil di event internasional.

Berlangsung di MBloc Space sejak siang, acara yang dipandu oleh para penggiat bisnis musik dari ranah digital streaming platform hingga media musik. Selain itu, TuneCore juga memperkenalkan salah satu fitur terbarunya yaitu SPLITS.

TuneCore wujudkan mimpi musisi independen © TuneCore

foto: TuneCore

Andreea Gleeson selaku CEO dari TuneCore mengatakan jika SPLITS ini merupakan fitur yang memungkinkan artis TuneCore untuk membagi pembayaran royalti dari pendapatan streaming dan download mereka antara semua kolaborator di lagu atau album apapun.

“Tujuan kami di TuneCore adalah membuat hidup artis kami lebih mudah sehingga mereka dapat fokus membuat musik. Dengan SPLITS, artis TuneCore sekarang dapat menghabiskan sedikit waktu menjadi akuntan dan memiliki lebih banyak waktu untuk membuat musik yang bagus,” jelas Andreea Gleeson.

TuneCore wujudkan mimpi musisi independen © TuneCore

foto: TuneCore

Lepas Workshop dan Press Conference, “IndieAF” dilanjutkan dengan penampilan spesial dari artis TuneCore diantaranya Barasuara, Kenny Gabriel “The Playground Live Session” dan High Therapy. Dari 3 artis yang perform malam itu, masing-masing tampil membawakan beberapa lagu hits mereka yang rilis menggunakan TuneCore.

Barasuara dengan single terbarunya “Merayakan Fana”, Kenny Gabriel dengan “Grapevine” yang berkolaborasi dengan dua musisi pendatang baru berbakat, yakni Jelita dana Kara Chenoa, serta High Therapy dengan lagu andalannya “Bend Down” yang berhasil menghipnotis penonton dengan keunikan penampilannya.

Andi Arya Dwi Putra selaku Country Coordinator TuneCore Indonesia mengatakan bahwa dengan diadakannya acara ini, TuneCore berharap untuk dapat membantu memaksimalkan perkembangan karir dari musisi Independen untuk dapat mendapatkan pasar mereka baik di Indonesia maupun di luar negri.

TuneCore wujudkan mimpi musisi independen © TuneCore

foto: TuneCore

“Selalu menyenangkan bagi kami (TuneCore) untuk dapat membantu artis dan menjadi bagian dari perkembangan karier mereka sekaligus memberikan edukasi dan berkomunikasi secara langsung dengan musisi tersebut,” ungkap Andi Arya Dwi Putra.

Sementara itu, Gian Hashemi selaku TuneCore Ambassador Indonesia mengungkapkan bahwa dalam tahapan karir musisi DIY saat ini, mereka sangat membutuhkan edukasi tentang cara berjalannya industri digital. Oleh karena itu TuneCore dengan adanya "IndieAF" ini menjadi wadah informasi bagi para musisi.

“Oleh karena itu, kami berharap dengan adanya “IndieAF” ini, para musisi jadi punya wadah untuk memperoleh informasi sekaligus untuk mengembangkan karir mereka ke arah yang lebih baik,” kata Gian Hashemi.

Jadi, bersiaplah! Karena ke depannya, tentu akan semakin banyak musisi yang merilis karya-karya luar biasanya dan tetap merdeka dalam bermusik bersama TuneCore.