Brilio.net - Kata konjungsi temporal kerap ditemukan dalam bahasa Indonesia, misalnya ketika kita membicara suatu topik tentu membutuhkan kejelasan waktu atau urutan peristiwa tersebut terjadi. Jenis frasa yang memiliki urutan waktu disebut konjungsi temporal.  

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat atau frasa yang mengandung urutan waktu, seperti sebelum, sesudah, ketika, pada saat, setelah, dan sebagainya. Konjungsi temporal ini biasanya digunakan untuk menyatakan keteraturan waktu dalam suatu peristiwa atau kejadian.

Dalam kalimat, konjungsi temporal digunakan untuk menghubungkan dua kalimat atau lebih yang memiliki keterkaitan dalam urutan waktu, sehingga membentuk satu kesatuan yang lebih utuh. Dengan menggunakan konjungsi temporal, kalimat tersebut akan menjadi lebih terstruktur dan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.

Nah supaya kamu lebih memahami tentang kata konjungsi temporal ini, berikut brilio.net menyajikan pengetian, jenis, dan contoh kata konjungsi temporal yang mudah dipahami, dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (30/4).

Pengertian kata konjungsi temporal.

Contoh kata konjungsi temporal dan pengertiannya © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Konjungsi temporal adalah konjungsi yang digunakan untuk menyatakan hubungan waktu antara dua peristiwa atau kejadian dalam kalimat. Konjungsi ini membantu menjelaskan urutan kejadian atau peristiwa, atau menggambarkan durasi atau frekuensi suatu peristiwa. 

Menelisik dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), konjungsi temporal adalah konjungsi yang menghubungkan kalimat atau bagian kalimat dengan waktu. Sedangkan, menurut Prof Dr Sumarsono, konjungsi temporal adalah konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan antara peristiwa atau kejadian yang satu dengan peristiwa atau kejadian yang lain yang terjadi pada waktu yang berbeda.

Menurut Dr Kardjowijoyo, konjungsi temporal adalah konjungsi yang berfungsi untuk menghubungkan dua peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam waktu yang berbeda. Adapun menurut Drs Suparno, konjungsi temporal adalah konjungsi yang menghubungkan kalimat atau frasa dalam kalimat dengan waktu, dengan mengindikasikan urutan waktu, durasi atau frekuensi suatu peristiwa.

Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa konjungsi temporal adalah jenis konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan dua peristiwa atau kejadian yang terjadi pada waktu yang berbeda dalam kalimat, dengan menggambarkan urutan waktu, durasi, atau frekuensi suatu peristiwa.