Brilio.net - Kamu berhalangan hadir masuk sekolah karena sakit? Kamu ingin membuat surat sakit sekolah tapi tak tahu caranya? Membuat surat sakit sekolah tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu menyimak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui cara membuat surat sakit sekolah buatan sendiri.

Perlu kamu ketahui bahwa surat sakit sekolah adalah surat resmi yang digunakan oleh siswa atau orang tua/wali siswa untuk memberitahu pihak sekolah bahwa siswa tersebut sedang sakit dan tidak dapat hadir ke sekolah. Surat sakit sekolah biasanya dibutuhkan oleh siswa atau orang tua/wali siswa untuk memberikan alasan ketidakhadiran siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Dalam contoh surat sakit sekolah buatan sendiri dapat berisi beberapa informasi penting seperti alasan siswa tidak hadir. Surat sakit sekolah ini berisi informasi tentang identitas siswa, seperti nama, kelas, dan nomor absen, serta tanggal dan alasan ketidakhadiran siswa di sekolah. Selain itu, surat sakit sekolah juga biasanya memuat informasi tentang jenis sakit yang diderita oleh siswa, lama waktu sakit, dan tindakan yang dilakukan untuk mengobati sakit tersebut.

Surat sakit sekolah harus disertai dengan tanda tangan orang tua/wali siswa dan dapat diserahkan langsung ke pihak sekolah atau dikirim melalui surat. Dalam beberapa kasus, pihak sekolah juga dapat meminta dokumen tambahan seperti surat keterangan dari dokter sebagai bukti bahwa siswa tersebut benar-benar sakit dan tidak dapat hadir di sekolah.

Untuk membuat surat sakit sekolah, kamu tak perlu bingung karena brilio.net menyajikan contoh surat sakit sekolah buatan sendiri yang bisa dijadikan referensi kamu ketika membuat surat izin sakit, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (29/4).

Cara membuat surat sakit sekolah buatan sendiri.

Contoh surat sakit sekolah buatan sendiri dan membuatnya © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

1. Tentukan perihal surat.

Tentukan perihal surat yang akan kamu buat, apakah surat permohonan izin tidak hadir sekolah karena sakit atau surat keterangan sakit.

2. Tulis identitas siswa.

Tuliskan identitas siswa yang mencakup nama lengkap dan kelas.

3. Jelaskan alasan sakit.

Jelaskan alasan sakit yang dialami siswa. Sebaiknya sertakan juga informasi dokter yang memeriksa dan nama rumah sakit atau klinik yang dikunjungi jika diperlukan.

4. Tentukan tanggal tidak hadir.

Tentukan tanggal tidak hadir sekolah yang diminta izinnya atau tanggal ketidakhadiran karena sakit.

5. Jelaskan lamanya izin atau ketidakhadiran.

Jelaskan lamanya izin atau ketidakhadiran karena sakit. Sebaiknya sertakan juga tanggal kembali ke sekolah.

6. Berjanji menyelesaikan tugas (jika diperlukan).

Berjanjilah untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru selama absen.

7. Tandatangani surat.

Tandatangani surat dengan nama lengkap dan tanggal pembuatan surat.

8. Berikan salinan surat ke pihak sekolah.

Setelah surat selesai dibuat, berikan salinan surat ke pihak sekolah, seperti guru wali kelas atau kepala sekolah.