Brilio.net - Kata adalah unsur yang membentuk kalimat. Sama seperti kalimat, kata juga memiliki jenisnya tersendiri. Seperti, kata keterangan, kata benda, kata kerja, kata bilangan, kelompok kata tugas dan kata ganti.

Kata ganti merupakan kata yang digunakan untuk mengacu kepada kata benda lain yang digunakan di dalam bahasa tulis maupun bahasa lisan. Kata tersebut sering digunakan untuk dapat menggantikan nomina yang sudah diketahui. Salah satu tujuan kata tersebut agar tidak disebutkan berkali-kali.

Kata ganti juga terletak pada subjek atau objek yang dikenai. Dengan begitu kata ganti memiliki peran yang penting baik dalam hal menulis maupun saat berbicara. Penggunaan kata ganti memiliki maksud agar suatu kalimat yang disusun akan disampaikan bisa lebih efektif dan tidak bertele-tele.

Berikut jenis serta contoh kata ganti yang terletak dalam kalimat, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/9).

Ciri-ciri kata ganti.

1. Kata ganti digunakan sebagai pengganti subjek atau objek, bisa juga kata tersebut digunakan sebagai pengganti predikat pada kalimat.
2. Memiliki acuan yang bisa berubah-ubah, tergantung siapa yang dibicarakan dalam kalimat.
3. Kata ganti menyesuaikan konteks kalimat.