Brilio.net - Pemerintah Indonesia mewajibkan seluruh pelajar untuk mengenyam pendidikan selama 12 tahun, dari mulai Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas(SMA). Selama 12 tahun tersebut siswa akan mempelajari berbagai macam mata pelajaran baik yang bersifat wajib maupun yang bersifat tidak wajib.

Mata pelajaran wajib seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika, sedangkan mata pelajaran yang tidak wajib salah satunya adalah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Meskipun IPS bukanlah mata pelajaran wajib, namun sobat brilio juga harus belajar tentang mata pelajaran ini.

Ilmu Pengetahuan Sosial mempelajari tentang sejarah Indonesia dan lain sebagainya. Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah salah satu kelas yang mempelajari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dalam belajar mata pelajaran ini kamu bisa menghafalkan materi, membaca buku-buku, membuat rangkuman materi, hingga rutin berlatih dengan soal-soal latihan.

Meskipun terbilang sepele, namun jika kamu hanya belajar secara teori saja tanpa berlatih soal, kamu tidak akan tahu seberapa jauh kemampuan kamu dalam belajar materi IPS ini. Apalagi dalam menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS).

Berikut ini 35 contoh soal UTS Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 8 beserta jawabannya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (18/10). Contoh soal ini bisa sobat brilio manfaatkan sebagai persiapan menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) supaya hasil yang kamu peroleh memuaskan.