Brilio.net - Untuk para siswa yang baru masuk SMA mungkin masih asing dengan mata pelajaran sosiologi. Mata pelajaran ini tergolong ke dalam kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang penting untuk dipelajari.

Secara singkat, sosiologi mempelajari kehidupan masyarakat dan objeknya sendiri adalah kehidupan manusia. Banyak sekali orang yang tertarik untuk mendalami ilmu ini, apalagi bagi orang-orang yang sering mempertanyakan suatu fenomena di masyarakat. Uniknya, meski mempelajari kehidupan manusia, sosiologi tidak dipengaruhi oleh filsafat dan menjadi ilmu murni yang berdiri sendiri.

Khusus untuk siswa kelas 10, ada hal-hal yang penting yang perlu diketahui. Mulai dari pengertian, ruang lingkup, hingga tujuan dari pelajaran sosiologi. Untuk itu simak penjelasan di bawah ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan terkait sosiologi dan contoh soal sosiologi kelas 10 yang dapat digunakan referensi belajar. Semua sudah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (14/10).

Pengertian sosiologi.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sosiologi mempunyai arti sebagai pengetahuan atau ilmu tentang sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat; ilmu tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya.
Sementara secara harfiah, sosiologi berasal dari gabungan dua kata, yaitu "socius"(bahasa Latin) yang berarti kawan dengan "logos" (bahasa Yunani) yang bermakna ilmu pengetahuan. Maka bisa disimpulkan, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam bermasyarakat.

Ruang lingkup sosiologi.

Sosiologi sebagai ilmu mempelajari struktur sosial yang memiliki tiga ruang lingkup utama, yaitu:

1. Ilmu sosial (social science).

Sosiologi bukan bagian dari ilmu alam atau ilmu pasti yang menyangkut perbedaan isinya. Sebaliknya, sosiologi adalah ilmu yang kategoris atau hanya fokus kepada apa yang sedang terjadi, bukan apa yang seharusnya terjadi atau sudah terjadi. Sosiologi juga tidak menentukan kemana arah perkembangan sebuah proses kehidupan.

2. Ilmu murni (pure science).

Sosiologi juga merupakan ilmu pengetahuan yang murni karena tujuannya adalah untuk mendapatkan pengetahuan yang dalam tentang masyarakat. Bukan untuk menggunakan pengetahuan tersebut kepada masyarakat.

Akan tetapi sosiologi juga bisa digunakan dalam berbagai hal lain seperti administrasi, diplomasi, psikologi, bahkan pembuatan sebuah Undang-Undang. Hal ini karena sosiologi digunakan untuk memperoleh fakta-fakta yang digunakan sebagai jalan keluar dari masalah yang terjadi di masyarakat.

3. Ilmu abstrak (abstract science).

Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi juga termasuk ilmu abstrak atau tidak konkret. Artinya, dia memperhatikan bentuk serta pola peristiwa yang ada di masyarakat.

Tujuan lain dari sosiologi juga bisa digunakan untuk mendapatkan pengertian serta pola umum yang meneliti dan mencari prinsip atau hukum dari interaksi antar manusia, hakikat, isi, bentuk, atau struktur masyarakat.

Tujuan Mata Pelajaran Sosiologi.

Tujuan mata pelajaran sosiologi menurut Permendiknas No 22 Tahun 2006 adalah:

1. Struktur sosial.
2. Memahami berbagai peran sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
3. Menumbuhkan sikap, kesadaran, dan kepedulian sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Adapun materi kelas 10 sosiologi sebagai ilmu pengetahuan membahas tiga pembelajaran.
- Pembelajaran Pertama, membahas tentang Sejarah Perkembangan dan Konsep Dasar Sosiologi.
- Pembelajaran Kedua, membahas tentang Tujuan dan Kegunaan Sosiologi.
- Sedangkan Pembelajaran Ketiga membahas tentang Gejala Sosial.

 

 

 

 

Mgg: ANNISA DHEANING TRIPRASIWI