Brilio.net - Kalimat fakta adalah kalimat yang sangat sering ditemui baik di kehidupan sehari-hari atau pada pelajaran di sekolah. Kalimat fakta akan sering ditemukan di teks surat kabar yang menyampaikan kebenaran dari sebuah peristiwa. Maka sudah seharusnya media menyampaikan informasi sesuai kebenaran.

Agar lebih memahami lebih jelas tentang kalimat fakta, berikut contoh kalimat fakta, ciri serta pengertiannya yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu(12/10).

Pengertian kalimat fakta

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fakta adalah hal keadaan atau peristiwa yang merupakan kenyataan, sesuatu yang benar-benar terjadi.

Pengertian fakta pada kalimat menjadi suatu sifat yang menunjukkan bentuk kalimat tersebut atau pernyataan dalam suatu riil atau peristiwa dan konteks wacana yang benar-benar terjadi. Maka, makna kalimat fakta di sini menjadi susunan kata yang berisi kebenaran yang dapat dibuktikan tanpa dapat dicampuri oleh opini.

Ciri-ciri kalimat fakta

Kalimat fakta memiliki ciri-ciri yang membedakan kalimat ini dengan kalimat opini.

1. Data akurat

Suatu kalimat akan disebut kalimat fakta jika kalimat memiliki data akurat yang dapat dibuktikan keberadaannya. Data yang dimaksud tanggal, bilangan statistik, waktu kejadian dan sebagainya yang sudah terverifikasi.

2. Sifat objektif

Pada kalimat fakta harus bersifat objektif yang bersifat netral tidak membicarakan atau melaporkan sesuatu yang dipandang secara satu arah. Melainkan memberikan konteks umum yang sudah diakui kebenarannya oleh orang banyak.

3. Benar terjadi

Kalimat fakta harus berisi hal yang benar- benar terjadi dan ditulis secara apa adanya tanpa campur tangan opini atau pendapat penulis di dalamnya.