Brilio.net - Sebuah kalimat tersusun atas beberapa unsur, seperti subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. Pada setiap unsur memiliki fungsinya masing-masing. Sama halnya dengan keterangan berfungsi untuk menerangkan seluruh fungsi di dalam sebuah kalimat.

Menurut KBBI keterangan adalah kata atau kelompok kata yang menerangkan atau menentukan kata dan bagian kalimat lain. Keterangan juga disebut salah satu unsur penyusun sebuah kalimat. 

Akan tetapi, keberadaan keterangan pada suatu kalimat bisa ada juga tidak ada. Dan jika tidak ada, fungsinya tidak akan mengganggu struktur kalimat secara keseluruhan.

Setelah mengetahui pengertian kalimat keterangan, simak juga contoh kalimat keterangan, jenis serta ciri-cirinya yang sudah dirangkum oleh brilio.net dari beberapa sumber, Selasa (11/10).

Ciri-ciri kalimat keterangan

Terdapat ciri-ciri yang membedakan kalimat keterangan dengan kalimat lainnya, seperti berikut:

1. Sifat kehadirannya manasuka

Menurut KBBI manasuka berarti sesuka hati atau suka rela, keberadaannya tidak harus ada di suatu kalimat

2. Letaknya bebas

Letak keterangan bebas dalam struktur sebuah kalimat bebas atau tidak terikat di suatu tempat. Keterangan bisa terletak di depan, tengah atau di belakang.

3. Didahului kata depan.

keterangan biasanya didahului oleh kata depan seperti di, ke, dari, ketika, tentang, dan sebagainya.

Jenis kalimat keterangan

Pada kalimat keterangan ini memiliki beberapa jenis yang harus diketahui, yaitu:

1. Keterangan waktu

keterangan watu menjelaskan tentang waktu berlangsungnya sebuah peristiwa. Kata keterangan seperti: sekarang, besok, kemarin, lusa, hari ini, tadi.

2. Keterangan tempat

keterangan yang menjelaskan tentang tempat terjadinya peristiwa. Kata keterangan jenis ini yaitu: di, ke, dari.

3. Keterangan alat

Menjelaskan tentang alat yang digunakan pada saat kejadian atau peristiwa. Kata yang digunakan yaitu: dengan, menggunakan atau dengan menggunakan.

4. Keterangan cara

Digunakan untuk menerangkan sesuatu kegiatan atau peristiwa. adapun kata yang digunakan: dengan, secara, dan dengan cara.

5. Keterangan akibat

Keterangan yang menjelaskan akibat dari suatu peristiwa atau kegiatan tertentu. Kata yang digunakan: akibat, sehingga, menjadi.

6. Keterangan sebab

Keterangan yang menjelaskan sebab dari suatu kejadian atau peristiwa. Kata yang digunakan: karena.

7. Keterangan syarat

Keterangan digunakan untuk menjelaskan keterangan bersyarat pada suatu peristiwa, kata yang digunakan: jika dan asalkan.

8. Keterangan kesertaan

Keterangan jenis ini menerangkan kesertaan atau ketertarikan suatu aktivitas atau sifat. Kata yang digunakan yaitu: dengan dan bersama.

9. Keterangan tujuan

Pada jenis ini keterangan menjelaskan tujuan sebuah aktivitas atau sifat tertentu. Kata yang digunakan: supaya, untuk, dan agar.

10. Keterangan perbandingan

Keterangan perbandingan menerangkan sebuah pertentangan atau pengecualian sifat tertentu. Kata yang digunakan: kecuali, selain, dan tetapi.

Kumpulan contoh berbagai jenis kalimat keterangan...