Brilio.net - Ketika duduk dibangku SMA, tentunya akan mendapatkan banyak sekali mata pelajaran yang tentunya disampaikan oleh para guru. Salah satu mata pelajaran yang didapatkan di SMA yaitu Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) menurut Depdiknas (2006:49), adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD NKRI 1945.

Tujuan umum pelajaran PKN ialah mendidik warga negara agar menjadi warga negara yang baik, yang dapat dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279).

Djahiri (1995:10) mengemukakan bahwa melalui Pendidikan Kewarganegaraan siswa diharapkan:

 - Mampu Memahami dan menguasai secara nalar konsep dan norma Pancasila sebagai falsafah, dasar ideologi dan pandangan hidup Negara kesatuan republiK Indonesia (NKRI).

- Memahami secara langsung apa itu konstitusi (UUD NKRI 1945) dan hukum yang berlaku dalam Negara RI.

 - Menghayati dan meyakini tatanan dalam moral yang termuat dalam butir diatas.

 - Mengamalkan dan membakukan hal-hal di atas sebagai sikap perilaku diri dan kehidupannya dengan penuh keyakinan dan nalar.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan terkait contoh soal PKN kelas 10 semester 1 yang bisa dipelajari dan dipahami, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (14/9).

Penulis: mg/Annisa Dheaning Triprasiwi