Brilio.net - Kalimat seruan dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kalimat seruan merupakan kalimat yang dilontarkan seseorang dengan tujuan untuk mengungkapkan suatu ekspresi yang ada di dalam diri orang tersebut, entah itu ekspresi kemarahan, kekaguman, kegembiraan, kekecewaan, perintah, dan lain sebagainya.

Kalimat seruan sering ditandai dengan tanda seru di belakangnya. Kalimat seruan juga tidak sering digunakan sebagai kalimat motivasi, kalimat iklan, bahkan sampai digunakan dalam karya sastra puisi.

Contoh kalimat seruan untuk mengungkapkan ekspresi berbagai sumber

foto: freepik.com

Ciri-ciri kalimat seruan.

Agar dapat dibedakan dengan jenis kalimat lain, kalimat seruan mempunyai beberapa ciri-ciri tersendiri dalam penulisan maupun penyampaiannya. Berikut ciri-ciri kalimat seruan:

1. Kalimat seruan mempunyai intonasi yang cenderung naik-turun bergantung dari ekspresi penyampai yang hendak disampaikan.
2. Kalimat seruan bertujuan sebagai kalimat ungkapan ekspresi, seperti kesedihan, kekesalan, kesenangan, kekaguman, kebahagiaan, kekagetan, kebingungan, dan kemarahan. Selain itu kalimat seruan juga bertujuan sebagai ajakan.
3. Kalimat seruan terkadang menggunakan kata jangan atau tolong pada kalimatnya.
4. Kalimat seruan memiliki kata interjeksi yang digunakan dalam mengungkapkan ekspresi seperti kata dih (kekesalan), asyik (kekaguman), celaka (kekagetan), syukurlah (kesenangan) dan lain sebagainya.
5. Kalimat seruan terkadang menggunakan partikel "lah" dan "kan" di dalam kalimatnya.

 

Magang: Agung Pradana Putra