Brilio.net - Dalam pembelajaran Fisika, terdapat pembahasan materi mengenai massa jenis. Pada dasarnya massa jenis terdapat dalam beberapa kategori, seperti massa jenis kayu, massa jenis besi, massa jenis benda, massa jenis minyak, massa jenis air, massa jenis minyak goreng, massa jenis zat cair, massa jenis air laut, maupun massa jenis logam.

Massa jenis dapat diartikan sebagai cara mengukur massa suatu benda di setiap satuan volumenya. Apabila besar massa jenis sebuah benda semakin tinggi, maka massa setiap volume benda tersebut juga semakin besar.

Rumus massa jenis

Rumus massa jenis suatu benda dapat dihitung dengan cara membagi massa benda tersebut dengan volumenya. Dengan rumus sebagai berikut:

ρ=m/v

Keterangan:

ρ= massa jenis benda (kg/m³ atau g/cm³)

m= massa benda (kg atau g)

v= volume benda (m³ atau cm³)

Semakin besar massa jenisnya, maka akan semakin rapat partikel-partikel pada benda tersebut. Sebaliknya, jika massa jenisnya kecil maka partikel-partikel pada benda semakin renggang. Hal ini dibuktikan dengan benda bermassa jenis besar bisanya jauh lebih padat daripada benda bermassa jenis kecil. 

Massa jenis memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya massa jenis, manusia dapat membuat pelampung, kapal laut, kapal selam, pembuatan baterai lithium-ion, dan berbagai pembuatan produk lainnya.

Contoh soal massa jenis © 2022 Istimewa

foto: pixabay.com

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan terkait contoh soal massa jenis yang dapat dipelajari dengan jawaban yang lengkap. Semua telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (13/10).