Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya akan membutuhkan alat bantu sederhana untuk mempermudah suatu pekerjaan. Contohnya, gunting untuk memotong kertas, roda, ataupun katrol untuk menimba air di sumur. Alat-alat bantu sederhana ini disebut dengan pesawat sederhana.

Pesawat sederhana adalah alat mekanik yang dapat mengubah arah atau besaran dari suatu gaya. Secara umum, alat-alat ini bisa disebut sebagai mekanisme paling sederhana yang memanfaatkan keuntungan mekanik untuk menggandakan gaya. Penggunaan pesawat sederhana dalam bekerja menjadikan gaya yang diberikan pada benda menjadi lebih kecil.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan terkait pesawat sederhana dan contoh soalnya yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (13/10).

Prinsip kerja pesawat sederhana.

Pesawat sederhana memiliki tiga bagian penting, yaitu:

- Titik kuasa merupakan tempat di mana gaya kuasa itu diberikan.
- Titik beban merupakan tempat di mana meletakkan benda.
- Titik tumpu merupakan titik yang nantinya akan menjadi tumpuan untuk beban dan memiliki sifat tetap.

Jenis-jenis pesawat sederhana.

Adapun pesawat sederhana terbagi menjadi empat jenis, antara lain:

1. Pengungkit.

Pengungkit digunakan dengan mengubah arah gaya agar benda dapat dipindahkan. Pengungkit terdiri dari tiga jenis, yaitu titik tumpunya terletak di antara beban dan kuasa, titik bebannya ada di antara kuasa dan tumpu, serta titik kuasanya ada di antara beban dan tumpu.

Pengungkit dibedakan lagi menjadi 3 yaitu:

- Pengungkit tingkat I.

Merupakan pengungkit yang memiliki titik tumpu berada di antara lengan kuasa dan lengan beban. Contohnya jungkat jungkit, gunting, linggis dan masih banyak lagi.

- Pengungkit tingkat II.

Merupakan pengungkit yang memiliki titik beban di antara titik kuasa dan titik tumpu. Contohnya pemecah kemiri, gerobak dorong, pembuka tutup botol, dan lainnya.

- Pengungkit tingkat III.

Merupakan pengungkit yang memiliki titik kuasa di antara titik tumpu dan titik beban. Contohnya stapler, pinset, alat pancing, lengan ketika sedang memegang benda, dan lainnya.


2. Bidang miring.

Merupakan pesawat sederhana berupa papan ataupun bidang yang miring. Tujuannya digunakan untuk memindahkan Batang dengan beban yang berat. Semakin miring bidangnya semakin kecil gaya yang diberikan.

3. Katrol.

Katrol adalah pesawat sederhana yang menggunakan suatu jenis silinder berupa roda beralur yang dapat membantu tali untuk tarik ulur agar bisa mengangkat dan menurunkan beban.

Pada umumnya katrol dibagi menjadi 3 yaitu:

- Katrol tetap.

Katrol yang memiliki posisi selalu tetap ketika digunakan. Katrol tetap digunakan untuk penggerak timba yang ada di sumur. Keuntungan mekanis katrol ini tetap. Karena gaya kuasa memang sepenuhnya digunakan untuk menarik beban sehingga F=w. Jadi keuntungan mekanisnya 1.

- Katrol bergerak.

Merupakan katrol yang berubah posisi ketika digunakan. Contohnya katrol yang digunakan untuk mengangkat adonan semen sampai ke lantai atas dalam pembangunan.

- Katrol majemuk.

Merupakan perpaduan dari katrol bergerak dan tetap. Keuntungan mekanisnya dapat ditentukan dari banyaknya tali yang digunakan. Semakin banyak katrol yang digunakan semakin mudah juga untuk mengangkat barang.

4. Roda berporos.

Roda berporos adalah pesawat sederhana yang menggunakan silinder dan poros yang berada di tengahnya. Roda berporos adalah jenis pesawat sederhana yang umum ditemukan pada kendaraan, seperti sepeda motor dan mobil.

 

 


MAGANG: ANNISA DHEANING TRIPRASIWI