Brilio.net - Dalam bahasa Indonesia, istilah kata sandang mungkin tak sefamiliar jenis kata-kata yang lain seperti kata benda, kata kerja, kata sifat, kata tanya, kata ganti, dan sebagainya. Padahal kata sandang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam buku atau cerita.

Kata sandang adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan status atau kedudukan seseorang dalam bahasa Indonesia. Secara umum, kata sandang adalah kata tugas yang membatasi makna nomina - menurut KBBI, nomina merupakan jenis kata yang menerangkan nama benda atau segala hal yang dapat dibendakan, atau kata biasa dipakai untuk menyertai penyebutan suatu objek atau subjek hidup, seperti manusia atau hewan sebagai tokoh dalam suatu cerita. Kata sandang juga dapat berupa gelar.

Pengetahuan tentang kata sandang jadi hal yang penting untuk dikuasai. Pasalnya, ada aturan dalam penggunaan kata sandang. Kata sandang merupakan salah satu bagian penting dalam bahasa Indonesia yang sangat berguna untuk menyatakan status atau kedudukan seseorang. Oleh karena itu, penggunaannya harus dipahami dengan baik agar tidak salah dalam menyebutkan atau menggunakan kata sandang.

Selain itu, ada pula jenis dan ciri-ciri kata sandang yang perlu diketahui. Berikut 25 contoh kata sandang, lengkap dengan penjelasan, jenis dan cirinya yang mudah dipahami, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/2).

Ciri-ciri kata sandang.

Contoh kata sandang © 2023 brilio.net

Contoh kata sandang
© 2023 brilio.net/pixabay.com

Kata sandang adalah kata yang digunakan sebelum kata benda untuk menunjukkan jenis atau kelas dari benda tersebut. Beberapa ciri-ciri kata sandang adalah:

1. Kata sandang selalu digunakan sebelum kata benda, seperti "si" atau "sebuah" dalam bahasa Indonesia, "the" atau "a/an" dalam bahasa Inggris.

2. Kata sandang tidak mempunyai arti sendiri, melainkan digunakan untuk menunjukkan jenis atau kelas dari benda yang diikuti.

3. Pemilihan kata sandang bergantung pada jenis kata benda yang diikuti. Misalnya, "the" digunakan sebelum kata benda tunggal yang sudah dikenal, sedangkan "a/an" digunakan sebelum kata benda tunggal yang belum dikenal.

4. Kata sandang tidak selalu digunakan dalam semua bahasa. Ada bahasa yang tidak memiliki kata sandang, seperti bahasa Jepang.

5. Kata sandang juga bisa digunakan dalam bentuk kata ganti seperti "ku", "mu", "nya", dan lain-lain dalam bahasa Indonesia, yang digunakan sebelum kata benda untuk menunjukkan kepemilikan atau keterkaitan. Contohnya "bukuku" yang artinya "buku saya".