Brilio.net - Saat sekolah, kuliah, atau mengikuti organisasi, pernahkah kamu mendapatkan tugas untuk membuat proposal? Proposal adalah dokumen yang menjelaskan suatu ide atau solusi untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan tertentu. Proposal dapat berupa bisnis, pendidikan, atau proyek yang diajukan kepada pihak tertentu, seperti investor, sponsor, atau pemerintah, untuk meminta dukungan dan bantuan dalam implementasi ide atau solusi tersebut.

Dalam proposal, biasanya terdapat deskripsi masalah, tujuan, strategi, anggaran, dan jadwal pelaksanaan. Proposal juga harus meyakinkan pihak yang diajukan bahwa ide atau solusi yang diajukan layak dan merupakan pilihan terbaik untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan yang ditentukan.

Salah satu bagian dari proposal yang dapat dibaca pada lembar awal proposal yakni kata pengantar. Kata pengantar proposal adalah bagian dari proposal yang berfungsi sebagai pembuka dan memberikan pandangan umum mengenai proposal tersebut.

Kata pengantar juga berisi ucapan terima kasih kepada pihak yang akan menerima proposal dan menjelaskan tujuan dari proposal yang diajukan. Dalam kata pengantar, biasanya juga terdapat penjelasan singkat mengenai tim yang mengajukan proposal dan bagaimana proposal tersebut akan bermanfaat bagi pihak yang diajukan. Kata pengantar harus ditulis dengan singkat, jelas, dan meyakinkan sehingga membuat pihak yang menerima proposal tertarik untuk membaca proposal tersebut lebih lanjut.

Karena harus ditulis secara singkat dan jelas, banyak orang yang merasa kebingungan ketika membuat kata pengantar. Untuk itu, kamu perlu referensi kata-kata yang cocok untuk kata pengantar yang sesuai dengan proposalmu berikut 11 contoh kata pengantar proposal yang baik dan benar, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (10/2)