Brilio.net - Dalam bahasa Inggris, materi tentang kata hubung memang tidak ada habisnya. Seseorang perlu mempelajari secara rinci supaya dapat mengetahui serta membedakan jenis-jenis kata hubung (conjunction)

Salah satu conjunction yang perlu untuk dipelajari adalah correlative conjunction. Supaya lekas paham tentang materi correlative conjunction, berikut penjelasannya yang brilio.net lansir dari berbagai sumber, Senin (12/12).

Pengertian correlative conjunction

Contoh kalimat correlative conjunction bahasa Inggris © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Correlative conjunction merupakan konjungsi berpasangan yang bertugas untuk menghubungkan dua elemen, entah itu frasa, klausa, atau kata. Dalam hal ini, kedua elemen harus memiliki bentuk yang sama. Apabila satu kata itu adalah sebuah noun, maka kata yang lainnya juga harus sebuah noun.

Elemen kalimat yang dihubungkan biasanya bersifat paralel atau memiliki kedudukan yang sejajar secara struktur gramatikal. Kata hubung ini disebut juga bisa disebut paired conjunction.

Dilansir dari Ginger, ada beberapa hal yang perlu diingat dalam menggunakan correlative conjunction. Berikut ini adalah hal yang perlu diingat.

a. Dalam menggunakan dua kata hubung dalam satu kalimat, pastikan verb (kata kerja) yang digunakan masuk akal dan nyambung jika diaplikasikan ke dalam kalimat.

b. Selain verb, ada juga pronoun yang perlu diperhatikan. Pastikan kembali apakah pronoun yang digunakan memiliki korelasi yang tepat dalam kata hubung.

c. Struktur kalimat merupakan salah satu hal yang penting dalam penggunaan correlative conjunction. Pastikan struktur gramatikalnya benar.