Brilio.net - Indonesia adalah negara dengan ragam suku bangsa. Dari Sabang sampai Merauke, berbagai suku bangsa tersebar dengan corak budaya, bahasa, dan keunikan masing-masing.

Selain itu, setiap suku punya ciri khas fisik yang bisa terlihat jika kamu memperhatikan lebih detail. Umumnya, suku-suku di Indonesia terdiri dari dua ras dominan yakni ras Melayu dan Melanesia.

Setiap suku di Indonesia ini memiliki bentuk fisik yang sangat kontras dari suku-suku lain. Di mana beberapa diantara mereka memiliki bola mata dengan warna yang tak umum untuk orang Indonesia, yakni warna biru.

Berikut ulasan lanjutnya yang dilansir brilio.net dari situs sea.mashable.com, Rabu (25/1).

1. Suku Lingon

Suku di Indonesia yang punya mata biru Instagram

Suku di Indonesia yang punya mata biru-Instagram/@geo.rock888

Suku Lingon adalah kelompok masyarakat yang tinggal di pedalaman Halmahera, Maluku Utara. Mereka punya paras yang tidak biasa dari orang-orang Indonesia Timur pada umumnya.

Layaknya orang Eropa, wajah mereka dikaruniai hidung mancung dan bola mata biru. Diketahui, suku ini merupakan campuran antara ras lokal dan ras Portugis.

Konon, pada abad 14 diceritakan ada sebuah kapal Portugal tenggelam di perairan sekitar Pulau Halmahera. Sisa rombongan yang selamat dari tragedi itu kemudian terdampar di pulau tersebut dan mendirikan sebuah pemukiman di dalam hutan.

Sampai kini keturunan mereka disebut sebagai Suku Lingon yang punya ciri-ciri fisik bermata biru.

(brl/ola)