Brilio.net - Salah satu film yang sedang tayang di bioskop pada akhir tahun ini adalah film animasi berjudul "Avatar: The Way of Water". Film ini adalah sekuel dari film Avatar yang tayang pada tahun 2009 lalu.

inspirasi film Avatar dari Suku Bajo Nusantara Berbagai sumber

foto: imdb.com

Film yang disutradarai oleh James Cameron ini, dibintangi oleh aktor terkenal seperti Sam Worthington, Zoe Saldana, Kate Winslet, Stephen Lang dan Sigourney Weaver.

Film ini menceritakan tentang Jake Sully yang tinggal di planet Pandora. Dirinya mengalami beberapa masalah yang harus diselesaikan. Jaka kemudian harus bekerja sama dengan Na'vi untuk melindungi rumah mereka.

inspirasi film Avatar dari Suku Bajo Nusantara Berbagai sumber

foto: imdb.com

Selain suku Na'vi, ada pula suku Metkayina yang hidup di atas laut. Ternyata, belakangan diketahui bahwa suku Metkayina adalah metafora dari kehidupan salah satu suku yang tinggal di lautan Indonesia.

Lewat akun TikTok Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengunggah sebuah cuplikan video yang menampilkan James Cameron yang mengungkapkan inspirasinya membuat karakter fiksi berupa suku Metkayina yang hidup di atas air.

 

@sandiuno.official #SobatParekraf udah tahu belum fakta film Avatar: The Way of Water ini?! Ternyata, salah satu inspirasi film berdurasi hingga 3 jam datang dari Indonesia, Sob! Sutradara film, James Cameron, mengakui sendiri bahwa suku Metkayina dalam film sequel tersebut terinspirasi dari suku Bajo Indonesia yang hidup di rumah panggung dan mampu menyelam dengan kurun waktu lama di dalam air. Suku Bajo dapat ditemui di wilayah perairan sekitar Sulawesi, Kalimantan Timur, Maluku, hingga Nusa Tenggara. Makin bangga dengan budaya Indonesia, makin yakin ada banyak lagi hal unik ##DiIndonesiaAja #avatar2 original sound - Sandiaga Uno

 


"James Cameron, mengakui sendiri bahwa suku Metkayina dalam film sekuel tersebut terinspirasi dari suku Bajo Indonesia yang hidup di rumah panggung dan mampu menyelam dengan kurun waktu lama di dalam air," tulis akun @sandiuno.official dalam video TikTok yang diunggah pada Rabu (21/12).

inspirasi film Avatar dari Suku Bajo Nusantara Berbagai sumber

foto: Instagram/jamescameroon