5. Meningkatkan kesehatan otak.

Manfaat kentang rebus, bantu turunkan kolesterol saat lebaran © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Kentang rebus mengandung choline, nutrisi yang penting untuk menjaga fungsi otak agar tetap sehat. Choline dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

6. Menjaga kesehatan Jantung.

Kentang rebus mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mengatur kadar homosistein dalam darah. Kadar homosistein yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

7. Menjaga kesehatan mata.

Kentang rebus mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula pada mata yang terkait dengan penuaan.

8. Mengandung Vitamin B.

Kentang rebus mengandung berbagai jenis vitamin B, seperti vitamin B1, B3, dan B6 yang penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf, kulit, dan pembuluh darah.

9. Menjaga kesehatan kulit.

Manfaat kentang rebus, bantu turunkan kolesterol saat lebaran © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Kentang rebus mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kolagen dapat membantu menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

10. Menjaga kesehatan rambut.

Kentang rebus mengandung vitamin B6 dan biotin, dua jenis nutrisi yang penting untuk kesehatan rambut. Vitamin B6 dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sedangkan biotin dapat membantu memperkuat rambut.

11. Menjaga kesehatan tulang.

Kentang rebus mengandung fosfor, magnesium, dan kalsium, tiga jenis mineral yang penting untuk kesehatan tulang.

12. Mencegah anemia.

Kentang rebus mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang menyebabkan kelelahan, pusing, dan kesulitan berkonsentrasi.

13. Bantu kurangi rasa lapar.

Manfaat kentang rebus, bantu turunkan kolesterol saat lebaran © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Kentang rebus mengandung protein yang penting untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Protein juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan menjaga massa otot selama proses penurunan berat badan.

14. Menjaga kesehatan ginjal.

Kentang rebus mengandung potasium dan magnesium, dua jenis mineral yang penting untuk kesehatan ginjal. Kombinasi kedua mineral ini dapat membantu melawan pembentukan batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal.

15. Mencegah kanker usus besar.

Kentang rebus mengandung serat tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, kentang rebus juga mengandung pati resisten, jenis serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dan dapat membantu mencegah kanker usus besar. Dalam rangka menjaga kesehatan tubuh, kentang rebus dapat menjadi alternatif yang baik sebagai sumber karbohidrat kompleks yang sehat.

Kentang rebus juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk camilan yang lebih sehat dan rendah lemak, dibandingkan dengan camilan yang tinggi lemak dan gula. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi kentang rebus juga harus diimbangi dengan pola makan yang seimbang dan olahraga teratur.