Brilio.net - Nanas adalah buah tropis yang populer di seluruh dunia karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Namun, selain kelezatan rasanya, nanas juga dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan

Nanas mengandung enzim dan serat yang baik bagi tubuh, oleh karena itu manfaat nanas untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Nah terdapat tiga hal penting dari nanas yang perlu kamu ketahui:

Manfaat nanas untuk kesehatan tubuh, bantu tingkatkan kekebalan tubuh © 2023 brilio.net

Manfaat nanas untuk kesehatan tubuh, bantu tingkatkan kekebalan tubuh
pexels.com

1. Nanas mengandung enzim bromelain

Kandungan itu memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Bromelain dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh dan meringankan nyeri dan bengkak pada sendi. Selain itu, bromelain juga dapat membantu mengurangi gejala asma dan membantu mempercepat penyembuhan luka. Dalam beberapa penelitian, bromelain bahkan dikaitkan dengan peningkatan fungsi pencernaan dan penurunan risiko kanker.

2. Mengandung vitamin C

Vitamin C penting untuk kesehatan tubuh. Pasalnya kandungan ini dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih mudah melawan penyakit dan infeksi. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah studi juga menemukan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria.

3. Tinggi serat

Nanas juga mengandung serat yang tinggi, penting untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu menjaga kesehatan usus dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi buah nanas yang tinggi dalam pola makan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Secara umum, nanas memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, lantaran mengandung berbagai nutrisi penting dan senyawa bioaktif. Dalam kombinasi dengan pola makan yang sehat dan aktivitas fisik teratur, nanas dapat membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan yang optimal.

Berikut 15 manfaat nanas untuk kesehatan tubuh, yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (7/4).