Brilio.net - Salah satu buah yang banyak ditemukan di Indonesia adalah buah nanas. Buah nanas adalah buah yang berasal dari tanaman tropis dengan nama ilmiah Ananas comosus. Buah ini memiliki daging buah yang manis dan berair dengan rasa asam segar, serta memiliki aroma yang khas. Buah nanas biasanya berbentuk bulat atau lonjong, dan memiliki kulit yang kasar dan berduri.

Buah nanas mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B6, thiamin, magnesium, mangan, dan serat. Selain itu, buah nanas juga mengandung enzim bromelin yang dapat membantu memecah protein dalam tubuh dan memiliki sifat antiinflamasi.

Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, selain mengandung banyak nutrisi, buah nanas juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya yakni untuk penyakit kolesterol. Nanas mengandung banyak serat makanan dan fitokimia seperti asam galat, katekin, epikatekin dan asam ferulat yang memberikan aktivitas farmakologis alami yang kuat. Nanas mengandung senyawa fenolik dan flavonoid penangkap radikal yang kuat.

Pada percobaan terhadap model hewan tikus, asupan harian nanas dapat meberi manfaat kesehatan yang signifikan seperti pengendalian berat badan, anti-dislipidemia dan mengurangi cedera hati pada tikus hiperkolesterolemia yang yang disebabkan diet tinggi kolesterol.

Ditemukan juga bahwa konsumsi nanas mengurangi peradangan lipid otot jantung yang disebabkan hiperkolesterolemia. Hiperkolesterolemia adalah kondisi ketika kadar kolesterol di dalam darah terlalu tinggi. Dalam penelitiannya Porrnthanate et al menyimpulkan bahwa nanas adalah kandidat potensial untuk melindungi jantung dari hiperkolesterolemia.

Meski manfaat nanas untuk kolesterol bisa terlihat pada hewan uji tikus, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efektivitasnya pada manusia.

Studi lain yang dimuat dalam jurnal Nutrition & Metabolism menjawab pertanyaan besar tentang manfaat nanas untuk kolesterol tubuh. Dalam publikasi tersebut, dijelaskan bahwa nanas memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peroksidasi lipid jantung yang diinduksi hiperkolesterolemia dan peningkatan pro-inflamasi dalam model in vivo.

Studi tersebut menunjukkan bahwa nanas merupakan buah potensial yang bisa melindungi dari risiko hiperkolesterolemia. Lewat kedua penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa nanas bisa bantu turunkan kolesterol dalam tubuh.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat nanas, yuk simak 7 manfaat buah nanas untuk kolesterol, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (20/2).