Brilio.net - Salah satu buah yang mudah ditemukan di pasaran adalah buah nanas. Buah nanas memiliki daging buah yang manis dan asam dengan tekstur lembut dan berair. Kulit buahnya kasar dan berduri, sedangkan daun-daunnya berbentuk pedang dengan tepi yang tajam.

Buah nanas umumnya berbentuk oval dan berukuran besar, dengan berat rata-rata sekitar 1-2 kilogram. Buah nanas banyak dikonsumsi sebagai buah segar, jus, atau sebagai bahan dasar dalam masakan dan kue. Selain rasanya yang enak dan segar, buah nanas juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kaya akan nutrisi dan senyawa-senyawa bioaktif seperti vitamin C, bromelain, dan serat.

Nanas juga termasuk buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan ini berasal dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Selain menangkal radikal bebas, antioksidan juga berperan dalam kesuburan, baik pria maupun wanita. Dalam hal ini, radikal bebas juga dapat mempengaruhi sistem reproduksi.

Dalam Iranian Journal of Reproductive Medicine menyatakan bahwa antioksidan berpotensi memperbaiki infertilitas. Penelitian ini menunjukkan terapi antioksidan dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria dan tingkat kehamilan. Meskipun buah nanas memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan pria, bukti ilmiah tersebut masih kurang kuat menyatakan bahwa buah nanas secara langsung dapat meningkatkan kesuburan pria.

Sebagai sumber nutrisi dan antioksidan yang baik, konsumsi buah nanas sebagai bagian dari pola makan sehat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mendukung fungsi reproduksi yang optimal. Berikut 11 manfaat buah nanas untuk pria seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (28/2).

Manfaat nanas untuk pria.

Manfaat buah nanas untuk pria © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah nanas mengandung vitamin C dan bromelain yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Mengurangi risiko kanker.

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah nanas dapat membantu mengurangi risiko kanker, terutama kanker prostat pada pria.

3. Meningkatkan fungsi pencernaan.

Bromelain dalam buah nanas dapat membantu memecah protein dan meningkatkan fungsi pencernaan.

4. Menjaga kesehatan tulang.

Buah nanas mengandung mangan yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Menurunkan tekanan darah.

Buah nanas mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat buah nanas untuk pria © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

6. Meningkatkan libido.

Kandungan bromelain dalam buah nanas dapat membantu meningkatkan libido dan meningkatkan kualitas sperma pada pria.

7. Mencegah infeksi saluran kemih.

Kandungan vitamin C dalam buah nanas dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih pada pria.

8. Meningkatkan kesehatan kulit.

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah nanas dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan melawan kerusakan akibat radikal bebas.