Brilio.net - Memiliki berat badan ideal adalah impian setiap orang. Dengan berat badan yang ideal, kamu nggak hanya terlihat lebih menarik namun juga menjadi lebih sehat. Untuk mendapatkan berat badan ideal, seseorang biasanya akan menjaga pola makannya atau melakukan diet.

Diet adalah istilah yang merujuk pada pola makan yang sengaja dipilih dengan tujuan untuk mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat, memperbaiki kondisi kesehatan, atau meningkatkan kualitas hidup seseorang. Diet dapat mencakup berbagai jenis pola makan, seperti pola makan rendah kalori, pola makan rendah karbohidrat, pola makan mediterania, dan lain sebagainya.

Salah satu makanan yang banyak digunakan untuk program diet adalah buah plum. Meski masih sulit ditemukan di pasaran Indonesia, khasiat buah plum untuk menurunkan berat badan sudah banyak diketahui masyarakat.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, buah plum terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Hebatnya lagi, buah ini mampu memberikan efek anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel-sel tubuh yang berbeda, termasuk sel-sel lemak.

Buah ini juga membantu menghindari komplikasi terkait obesitas, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. Hal ini berkat kandungan senyawa flavonoid dan fenolik seperti antosianin, asam klorogenik, kuersetin dan katekin yang terkandung di dalamnya.

Buah plum memiliki rasa manis alami yang enak, namun kandungan kalorinya relatif rendah, yaitu sekitar 46 kalori per 100 gram buah. Selain itu, buah plum juga mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil makanan yang kurang sehat. Ada banyak manfaat yang didapatkan seseorang jika melakukan diet dengan buah plum ini.

Berikut 9 manfaat buah plum untuk diet, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (23/2).

 

Manfaat buah plum untuk diet.

Manfaat buah plum untuk diet © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

1. Mengandung serat tinggi.

Buah plum kaya akan serat yang sangat penting untuk pencernaan dan membantu menjaga kenyang lebih lama. Konsumsi serat juga dapat mengurangi risiko obesitas dan diabetes.

2. Rendah kalori.

Satu buah plum hanya mengandung sekitar 30 kalori, sehingga sangat cocok untuk mereka yang sedang berdiet rendah kalori. Dalam jumlah yang cukup, plum bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Menyediakan vitamin dan mineral.

Plum mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin K, potassium, magnesium, dan zat besi yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Menjaga kesehatan kulit.

Buah plum mengandung antioksidan seperti vitamin C dan beta karoten yang membantu menjaga kesehatan kulit. Antioksidan juga membantu mencegah kerusakan sel dan radikal bebas di dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung.

Buah plum mengandung kalium yang membantu menjaga tekanan darah normal dan menjaga kesehatan jantung. Plum juga mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Manfaat buah plum untuk diet © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com